Seminar Nasional Regresi Demokrasi di Indonesia ?

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Pada tanggal 23 November 2023, Departemen Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema “Regresi Demokrasi di Indonesia (?)”. Seminar ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan III FISIP, UNAIR, Irfan Wahyudi. S.Sos., M.Comm., Ph.D. dan Ketua Departemen Politik Dr. Dwi Windyastuti Budi H, Dra., MA.

Seminar ini dibagi dalam dua sesi. Di sesi pertama, seminar ini mengambil sub-tema “Tata Kelola Pemilu” dengan narasumber Prof. Ikrar Nusa Bhakti, Ph.D. dan Prof. Ramlan Surbakti, M.A. Ph.D dengan moderator Dr. Kris Nugroho, Drs., M.A.

Sementara tema di sesi kedua adalah Regresi Demokrasi dengan narasumber Romo Antonius Benny Susetyo, Pr., Prof. Luky Djuniardi Djani, MPP., Ph.D. dan Airlangga Pribadi Kusman, S.IP., M.Si., Ph.D. dengan moderator Nuke Faridha Wardhani, S.IP., M.M.

Ketua Departemen Politik, FISIP UNAIR, Dwi Windyastuti membuka seminar dengan menyampaikan latar belakang kemunculan ide seminar dari munculnya nama-nama bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden. Kemudian dia menjelaskan bahwa muncul pertanyaan kritis terkait apakah demokrasi mengalami keterpurukan dan regresi.

Komentar