Tes CPNS Dijaga Squid Game Soldier, Warganet: Beneran Norak! Duit Rakyat buat Ginian?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ada yang berbeda dengan suasana seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Rabu kemarin (20/10).

Dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian Kakanwil Kemenkumham Jatim, pengawas seleksi berdandan ala pink soldier seperti dalam serial film Squid Game.

Para pengawas mengenakan kostum berwarna pink dan topeng bersimbol persegi, bulat, serta segitiga persis seperti serial dari Korea Selatan itu.

Tak hanya seragam, mereka juga turut melengkapi penampilan dengan menggunakan senjata api mainan.

Sontak, aksi ini mendapat sorotan dari masyarakat, tak terkecuali para pengguna media sosial.

“Norak! Beneran norak! Buat apaan ditodong senapan kayak gitu? Walaupun cuma mainan, gue nangkepnya Kemenkumham lagi cosplay jadi penjahat,” kritik akun @LordCondet dikutip redaksi, Kamis (21/10).

Warganet lain menilai, apa yang dilakukan Kemenkumham itu tak lebih dari menghambur-hamburkan uang negara.

“Duit rakyat cuman buat kayak ginian? Btw, habis berapa duit, baju gaje (enggak jelas) yang hanya untuk sekali pakai?” kritik akun @grey_fey.

Di sisi lain, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono menyebut bahwa atribut Squid Game yang dipakai jajarannya bertujuan untuk menciptakan suasana berbeda dalam seleksi CPNS.

“Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia,” ujar Krismono kepada wartawan. 

Komentar