TOK! Raker Lancar, PWI Tangsel Punya 33 Program, Fokus Penguatan SDM

JurnalPatroliNews – Tangsel,–  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan periode 2020-2023 menggelar rapat kerja tahun pertama, Sabtu (27/2/2021). Hasilnya, ada 33 item program rencana kerja yang tersusun.

Sekretaris PWI Kota Tangerang Selatan periode 2020-2023 Idral Mahdi mengatakan, program kerja yang tersusun secara keseluruhan berfokus pada penguatan internal dan eksternal.

“Fokus program kerja di tahun pertama ini ialah penguatan di internal secara kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) dan juga menjalin kemitraan dengan pihak eskternal. Seperti pihak swasta, pemerintah dan aparat penegak hukum,” kata Idral usai rapat kerja, Sabtu (27/2/2021).

Idral menerangkan, menjalin kemitraan dengan aparat penegak hukum sangat penting untuk memberikan perlindungan hukum bagi wartawan saat menjalankan tugasnya di lapangan.

“Sehingga kasus-kasus yang menimpa teman-teman wartawan, terutama yang bernaung di PWI dapat terlindungi selama kasusnya berkaitan dengan kerja-kerja jurnalis. Karena secara organisasi, PWI punya tanggung jawab penuh untuk melindungi. Selain itu, kemitraan dengan pemerintah juga penting untuk ikut serta membangun daerah khususnya Kota Tangerang Selatan,” terangnya.

Selain kemitraan, pihaknya pun telah menyusun sejumlah program peningkatan kompetensi SDM. Selain karya latih wartawan dan uji kompetensi, pihaknya juga bakal memberikan pelatihan investigasi.

“Harapannya dengan pelatihan tersebut, wartawan-wartawan yang ada dalam naungan PWI Tangsel bisa semakin mengasah kemampuannya, terutama dalam melakukan peliputan investigasi,” tuturnya.

Selain 33 program kerja tersebut, PWI Kota Tangsel memiliki dua rencana strategis yang dibentuk melalui badan add-hock. Yakni, Litbang PWI dan PWI Peduli.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kota Tangsel periode 2020-2023 Ahmad Eko Nursanto bersyukur, raker perdana di tahun pertama itu berjalan lancar.

Dia berharap, semua program yang tersusun dalam kegiatan bertema ‘Mewujudkan Insan Pers yang Profesional, Independen dan Kompeten’ itu dapat dijalankan dengan baik.

“Alhamdulillah raker perdana di periode ini sudah berjalan dengan baik dan lancar. Ada 33 program kerja yang dihasilkan menjadi acuan PWI Tangsel di tahun pertama. Semoga program tersebut dapat dilaksanakan. Terutama yang bersentuhan dengan stakeholder lain dengan tetap melakukan tugas pokok kita sebagai wartawan,” pungkasnya. (***)

 

Komentar