Touring M8 Nusantara Identitas Indonesia Etape 2 Berikan Wawasan Kebangsaan di Sekolah Sulawesi

Jesslin menambahkan, obyek wisata alam dan budaya di Bolang Mongondow Utara sangat banyak, dan anak-anak ini sangat potensial untuk menjadi duta wisata bagi daerahnya.

Sebagai informasi, komunitas roda dua M8 Nusantara telah memulai perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda motornya sejak 14 Agustus 2021.

Bertema Identitas Indonesia, misi M8 Nusantara adalah selain memperlihatkan keindahan Indonesia, juga merekam budaya, adat istiadat, keberagaman suku-suku yang ada di Indonesia, bahasa, filosofi hidup, kesenian, hingga mengunjungi kerajinan usaha kecil menengah di daerah yang disinggahi dari Sabang sampai Merauke.

M8 Nusantara membagi perjalannya menjadi 5 etape.

Etape 1 telah sukses dilakukan pada bulan Agustus hingga Oktober 2021.

Rutenya melintasi Jawa – Bali – Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur telah diselesaikan dengan baik.

Tercatat 9 pulau, 6.100 km, 275 tempat, lebih dari 100 interview dan 39 suku telah berhasil didokumentasikan.

Selesai Etape 1, tim M8 Nusantara pada 26 Oktober 2021, telah memulai petualangan baru Identitas Indonesia di Etape 2 menyusuri Pulau Sulawesi.

Daerah yang akan dikunjungi mulai dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Untuk Etape 3 Identitas Indonesia nanti akan bergeser ke Kepulauan Maluku dan Papua, Etape 4 akan berada di Pulau Kalimantan, dan sebagai penutup atau Etape 5 akan berakhir di Pulau Sumatera.

“Perjalanan ini bertujuan untuk merekam adat istiadat, bahasa, filosofi hidup, kesenian dan busana adat dari suku-suku yang dapat ditemui selama perjalanan ini, dari Sabang sampai Merauke, pungkas Vincent.

Ikuti terus perjalanan M8 di youtube channel: M8 Nusantara dan Instagram: M8Nusantara.

(***/Finda Muhtar)

Komentar