Turun Tangan..! Serang Anak-anak, Jokowi: Jangan Anggap Ini Masalah Kecil !

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Maraknya pasien gagal ginjal akut pada Anak-anak belakangan ini, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan, dan langsung memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk menjamin pasien mendapat perawatan gratis.

Hal itu disampaikan Jokowi, dalam rapat Penanganan Kasus Gagal Ginjal Akut, di Istana Bogor, seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/10/22).

Presiden mengatakan, hal tersebut penting, bagi penanganan pasien penyakit gagal ginjal akut, yang diduga, akibat cemaran etilon glikol atau zat lain pada obat.

Ia awalnya mengingatkan jajarannya, untuk mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Utamakan keselamatan masyarakat, jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” katanya.

Ia telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menyetop sementara penggunaan obat, diduga tercemar zat yang memicu gagal ginjal. Ia menilai, penghentian sementara harus dilakukan, sambil menunggu pemeriksaan mendalam oleh BPOM.

“Meskipun masih diduga, dihentikan lebih dulu, menunggu Investigasi menyeluruh BPOM pada seluruh obat sirop yang menggunakan bahan pelarut, dilakukan secara terbuka, transparan, dan juga hati-hati dan juga objektif,” tuturnya.

Jokowi juga telah memerintahkan BPOM, untuk segera menarik obat yang terbukti menjadi pemicu gagal ginjal akut. Dirinya memerintahkan, agar obat yang terbukti bermasalah, diumumkan ke Publik.

Komentar