UKW PWI di Kalteng Selesai, 18 Wartawan Kompeten

JurnalPatroliNews – Palangkaraya – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diselenggarakan di Kalteng, didukung PT PLN (Persero) dan PT Pegadaian bersama Forum Humas BUMN, berhasil mencetak sebanyak 18 wartawan yang berkompeten.

Dalam pelaksanaan UKW hari kedua, yang juga dihadiri Deputi Bisnis PT Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Sunarjati, di Ruang Ulin, Luwansa Hotel Palangka Raya, Sabtu (13/1/2024), para peserta telah menyelesaikan beberapa mata uji UKW, seperti jejaring, wawancara, tatap muka, menyiapkan isi rubrik, dan lainnya, pada jenjang Muda, begitu juga di kelas Madya, dan Utama.

Ketua PWI Kalbar Gusti Yusri yang juga sebagai Penguji UKW, pada acara penutupan, melaporkan dari 24 peserta, tercatat 1 orang tidak hadir, 18 orang berkompeten, dan 5 orang belum berkompeten.

“Terima kasih kepada PLN dan Pegadaian atas dukungannya, sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik. Secara nasional, anggota PWI yang telah kompeten sebanyak 18.658, ditambah 18 orang berkompeten di Kalteng menjadi 18.676. saya berpesan, jagalah nama baik organisasi dan profesi, karena di masyarakat status kompeten itu akan teruji,” pesan Gusti Yusri mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Kalteng M Zainal, mengatakan, kehadiran BUMN dalam memfasilitasi UKW PWI, menunjukkan besarnya perhatian BUMN terhadap peningkatan SDM kewartawanan, utamanya bagi anggota PWI di Kalteng.

“Kami berharap ke depan, kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi melalui PLN, Pegadaian, maupun BUMN lainnya yang ada di Kalteng, sehingga dapat menciptakan semakin banyak lagi wartawan yang profesional dan bertanggungjawab dalam menjalankan profesi jurnalistiknya. Dan kepada Ketua Umum PWI Pusat, terima kasih karena telah menempati janjinya untuk melaksanakan UKW secara gratis di Kalteng,” ujarnya.

Kepada para peserta yang dinyatakan kompeten, M Zainal berpesan untuk terus belajar dan menambah pengetahuan. Dengan begitu, wartawan anggota PWI di Kalteng dapat semakin berkompeten dan profesional dalam bekerja.

Sedangkan kepada peserta yang belum kompeten, dia berharap dapat terus belajar dari kegagalan yang ada, untuk kembali mengikuti UKW berikutnya.

“Teruslah belajar, karena ini bukan akhir dalam pengembangan ilmu jurnalistik, tetapi sebagai langkah awal agar lebih berkembang dan lebih baik. Terlebih di era digitalisasi saat ini, teruslah belajar supaya bisa mengembangkan diri menyesuaikan dengan perkembangan digitalisasi,” imbuhnya.

Untuk itu secara kelembagaan, dia atas nama PWI Kalteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PLN dan Pegadaian, sehingga dapat menambah jumlah wartawan anggota PWI yang berkompeten di Kalteng. Dengan begitu, ke depan wartawan bisa semakin memiliki kemampuan yang profesional dan semakin berakhlak, baik itu di tengah masyarakat maupun melalui tulisannya.

Sementara Deputi Bisnis PT Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Sunarjati didampingi Kepala Cabang Pegadaian Palangka Raya Eko, menuturkan, kepada peserta yang belum kompeten untuk tidak berputus asa, karena masih ada kesempatan dalam UKW berikutnya.

“UKW sangat luar biasa, kami Insan Pegadaian, selalu menerapkan akhlak. Harapannyadengan adanya UKW ini, bisa menciptakan jurnalis yang bersertifikat, dan menciptakan jurnalis yang mampu memberikan berita yang positif bagi masyarakat,” pungkasnya.

Komentar