Indonesia Loloskan Lagi Satu Pecatur ke Piala Dunia 2021

JurnalPatroliNews – Jakarta — Master Internasional (IM) Mohamad Ervan (elo rating 2365), memastikan Indonesia menambah satu pecaturnya di Kejuaraan Dunia Catur yang akan berlangsung di kota Sochi, Rusia, pada 10 Juli – 3 Agustus 2021.

Ervan, 29 tahun, lolos lewat kejuaraan Asian Continental Hybrid Chess Championship, 19 – 29 Mei 2021. Pada babak terakhir, Sabtu (29/5/2021), Ervan yang bermain dari Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, menahan remis GM Lu Shanglei (2615) dari RRC.

Hasil remis itu membuatnya mencatat total poin 6,5 dari sembilan babak, dan menempatkannya di ranking ke-6 klasemen akhir. Posisi Ervan cukup aman karena kejuaraan tersebut hanya meloloskan ranking 1-7 ke kejuaraan dunia.

GM Shamsidin Vokhidov (2529) dari Uzbekistan berhasil keluar sebagai juara dengan 7 poin. Vokhidov unggul tie-break dari pecatur Singapura, IM Jingyao Tin, di peringkat dua dengan poin yang sama.

Kejuaraan itu diikuti 82 pecatur dari 15 negara Asia plus Australia. Indonesia sendiri menyertakan sebanyak 9 pecaturnya di kejuaraan itu. Tujuh di antaranya adalah pecatur yang sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Catur menghadapi SEA Games ke-31 tahun ini di Vietnam.

Selain Ervan, Indonesia melalui PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia sebelumnya telah meloloskan tiga pecatur ke Kejuaraan Dunia Catur 2021, yaitu GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, dan WGM Medina Warda Aulia.

Ervan yang sedang menjalani Pelatnas tampil cukup stabil dan meyakinkan selama sembilan babak, dari lima Grandmaster yang dihadapinya, Ervan mampu mencetak angka imbang dengan dua kali menang, sekali seri dan dua kali kalah.

Dua GM yang dikalahkannya adalah GM Lei Tingjie (2505) dari China dan GM Jakhongir Vakhidov (2533) dari Uzbekistan.

Sekali seri didapat dari GM Lu Sanglei (2615) dari China.

Sementara dua kekalahan dialami dari Grandmaster Uzbekistan lainnya, GM Javokhir Sindarov (2544) dan GM Nodirbek Yakubboev (2605).

“Ini membanggakan sekali karena untuk pertama kalinya Indonesia bisa sekaligus meloloskan empat pecaturnya dalam suatu kejuaraan dunia catur yang sama!” kata Ketua Umum PB PERCASI GM Utut Adianto.

(*/rds)

Komentar