Sketsa Serba-Serbi Sholat Subuh Tip Sholat Subuh Berjemaah di Mesjid

-Wina Armada Sukardi-

JurnalPatroliNews – Jakarta – ADA dua faktor yang mempengaruhi kelancaran langkah kita menuju sholat subuh berjemaah di mesjid. Pertama, aspek spritual. Ini menyangkut mindset kita. Mental kita. Kedua, kendati mental kita sudah kita siap, dalam praktek langkah kita menuju sholat subuh berjemaah di mesjid sering terkendala atau tersendat lantaran masalah teknis, sehingga kita yang semula sudah bersiap-siap mau sholat subuh berjemah di mesjid, tak jadi. Berdasarkan pengalaman hamba, ditambah bertanya-tanya disana sini bagaimana pengalaman orang lain, berikut tip mempersiapkan sholat subuh berjemaah di mesjid.

I.  Aspek Spritual

1. Sholat subuh berjemaah di mesjid adalah problem solving, bukan make problem. Sejak awal harus ditanamkan kepada jiwa kita sendiri, sholat subuh berjemaah di mesjid, bukan merupakan problem dari kita, tapi sebaliknya justeru menjadi problem solving. Menjadi solusi. Banyak yang merasa, ketika kita tengah menghadapi pelbagai problem, dari urusan kantor, bisnis, keluarga, relasi dengan orang lain, dan sebagainya, sholat subuh berjemaah di mesjidi hanya bakal menambah ruwet hidup saja. Buang-buang waktu di tengah problem yang melilit kita.

Ini mindset yang keliru,  dan terbalik. Sejak awal harus ditanamkan dalam diri sendiri, sholat subuh berjemaah di mesjid adalah problem solving dalam  persoalan kehidupan dan penghidupan kita. Aura sholat subuh berjemaah di mesjid memberikan semacam “keajaiban.” Magical.Suasananya memberikan ketentraman. Menyejukan hati.  

Hati kita yang semula bergejolak, panas, dapat menjadi sejuk  dan ini membuat kita dapat berpikir dengan jernih, sekaligus membuat kita dapat sumarah menyerahkan diri kepada Allah. Keyakinan Allah yang telah mengatur segala sesuatunya dapat muncul dalam suasana sholat subuh berjemaah di mesjid. Kita  dikondisikan untuk melepaskan semua beban yang ada dan mampu menyerahkan diri sepenuhnya  kepada Allah. Dengan demikian beban yang ada pada kita pun seakan  melayang dan kita dapat jernih berpikir kembali. Lalu kita dapat mengambil keputusan atau tindakan terbaik.

Kita pun  dapat menumbahkan persoalan kita, baik melalui doa, bahkan tatkala melalui sikap diam saja, karena memberikan perenungan positif buat kita. Perkara sholat subuh menjadi problen solving hidup kita,  dapat diuraikan panjang lebar, tapi intinya, sholat subuh berjemaah di mesjid, mampu mencari solusi problem kita. Sholat subuh berjemaah di mesjid setidaknya dapat langsung mengurangi  setengah dari beban prolem kita. Menyadari hal ini bakalan meringankan langkah kita ke sholat subuh di mesjid. Pola pikir ini akan membuat kita lebih semangat pergi sholat subuh berjemaah ke mesjid.

2. Sholat subuh berjemaah di mesjid itu sehat jasmani rohani. Kita harus memahami, jika kita ikhlas  sholat subuh berjemaah di mesjid memberikan kesehatan  jasmani rohani. Sudah ada survei yang menunjukkan hal tersebut. Metabolisme dan daya tahan fisik meningkat. Sedangkan pikiran yang tadinya sumpek, kacau, dapat segera terurai jernih. Asal kita ikhlas melakukannnya.Kesadaran sholat subuh menghasilkan sehat jasmani rohani kemungkinan besar mengikis kemalasan kita untuk berangkat ke mesjid.

3. Sholat subuh berjemaah di di mesjid menghindari dosa. Soal ini sudah tidak meragukan lagi. Pikiran jahat yang mungkin ada pada diri kita, mau korupsi, menipu, culas dan sejenisnya,  sesudah  sholat subuh berjemaah bakalan lenyap. Niat berbuat dosa sebelumnya umumnya rontok ba’da sholat subuh berjemaah di mesjid. Tegasnya, kita terlepas dari dosa yang mungkin sebelumnya kita  rencanakan. Hal ini mendorong mempermudah jalan kita menuju mesjid untuk sholat subuh berjemaah.

4. Sholat subuh berjemaah di mesjid melindungi. Ada kekuatan lain yang luar biasa setelah sholat subuh berjemaah di mesjid, diri kita seakan memperoleh perlindungan dari hal-hal yang buruk. Keyakinan adanya perlindungan pasca sholat subuh berjemaah di mesjid membuat kita semangat menuju mesjid.

5. Sholat Subuh berjemaah di Mesjid membuka rejeki. Doa-doa dan harapan kita ke Allah di subuh hari, ditambah kepatuhan kita melaksanakan sholat subuh di mesjid, membuka pintu rejeki kita, langsung atau tidak langsung. Adanya  rejeki yang bakal kita terima, niscaya mempercepat keinginan kita menuju mesjid.

6. Sholat Subuh di mesjid  memberikan inspirasi. Ketenangan dan kekhusukan di mesjid, mampu menghasilkan munculknya berbagai pikiran dalam diri kita menghadapi kehidupan dan penghidupan. Dengan kata lain , menginapirasi kita. Inspirasi yang kita butuhkan dalam mengarungi kehidupan dan penghidupan kita. Dengan adanya inspirasi itu, kita dapat mengambil pilihan-pilihan konkrit dalam praktek. Ini juga menstimulir kita berangkat ke mesjid.

7. Sholat Subuh di mesjid bakal lebih menyayangi keluarga. Hal ini terasa aneh, tapi memang demikian adanya. Aneh tapi nyata. Coba kita laksanakan saja, setelah dalam waktu tertentu, proses sholat subuh di mesjid membuktikan hal itu. Kebiasaan  perginya kita  mesjid serta ritual dalam rangkaian sholat subuh berjamaah di mesjid, membuat hati kita lebih mudah tersentuh  untuk urusan-urusan keluarga. Kita menjadi lebih menyayangi keluarga.

Komentar