Ridwan Kamil Pastikan Sektor Pariwisata Jabar Bangkit Awal 2022

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimis sektor pariwisata bangkit setelah program vaksinasi tercaoai sesuai target.

JurnalPatroliNews – Bandung – Kabar baik untuk pelaku usaha pariwisata di Provinsi Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan, setelah target vaksinasi 37 juta orang tercapai, pemerintah memberikan izin destinasi wisata untuk buka kembali.

Dalam Webinar 83 Tahun Sinarmas bertajuk Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa 14 September 2021 kemarin, Ridwan Kamil mengatakan Pemda Provinsi Jawa Barat sudah memberi izin terhadap pelaku usaha kepariwisataan.

BACA JUGA :

Pembukaan destinasi wisata tersebut disesuaikan dengan level Covid 19 atau tingkat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah teraebut.

“Meski sudah dibuka, tetap ada pembatasan yang diberlakukan di objek wisata, khususnya tidak ada kerumunan yang berpotensi menularkan virus,” ungkapnya.

Dia memprediksi sektor pariwisata di Provinsi Jawa Barat mulai bangkit pada awal 2022 jika kekebalan komunal (herd immunity) sudah tercapai berupa vaksinasi sekitar 37 juta warga Jabar selesai akhir Desember 2021.

“Saya memprediksi awal 2022 sektor pariwisata mulai normal lagi karena vaksin ditargetkan selesai akhir tahun. Mudah-mudahan berlangsung seterusnya dan kita betul-betul ‘move on’ dari pandemi ke endemi, selanjutnya tinggal menata ulang kepariwisataan daerah,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menggambarkan situasi adaptasi kebiasaan baru endemi COVID-19 yakni berupa pembatasan pengunjung di destinasi wisata.

“Kami berikan ijin, tetapi tidak 100 persen. Mungkin 25, 50 atau 75 persen. Artinya pergerakan ada tapi dibatasi,” kata lelaki berkacamata yang akrab dipanggil dengan sebutan Kang Emil. (***)

Pos terkait