Rektor UWM: Perlunya Sinergi untuk Move Forward

JurnalPatroliNews -Mataram – Penguatan Universitas Widya Mataram (UWM) diperlukan karena UWM memiliki kapital (modal) yang potensial ditingkatkan, antara lain goodwill dan sumber daya manusia (SDM).

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi dan Rapat Kerja dalam rangka Penguatan dan Sinergisitas Kelembagaan UWM pada Senin (10/7) di Hotel Royal Darmo Malioboro, yang dihadiri oleh Wakil Rektor (WR), Dekan, Wakil Dekan, dan Ketua Program Studi (Kaprodi) serta Kepala-Kepala Lembaga di lingkungan UWM.

Sinergi merupakan kerjasama yang saling menguatkan dan juga akselerasi. “Harus menghilangkan ego, untuk improvement, high growth maupun rapid growth,” kata mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) ini.

Lebih lanjut, Prof Edy mengemukakan bahwa kelembagaan perlu dikuatkan untuk dapat menguatkan posisi UWM, karena saat ini UWM masih perlu berkembang. “Core dari kampus adalah SDM. Hal ini dapat ditingkatkan salah satunya dengan studi lanjut S3,” ungkap Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia ini.

Sinergi diperlukan dikarenakan teamwork dan kinerja belum optimal. Diperlukan juga peningkatan spirit, karena perubahan yang cepat dan tantangan yang semakin berat harus dihadapi, maka harus menjadikan perbedaan sebagai kekuatan bersama.

Saat ini sudah muncul recognition bagi UWM. Adanya pengakuan dapat digunakan untuk move forward. “Dengan adanya kampus baru maka akan melahirkan peluang baru, tapi juga menghadapi tantangan baru, maka penguatan dan sinergitas menjadi suatu keniscayaan,” kata Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Forum Rektor ini.

UWM telah bekerjasama dengan universitas di luar negeri, salah satunya Northern Illinois University (NIU). “Hal ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk pengembangan UWM,” pungkasnya.

Komentar