Gerak Cepat Tim Gabungan Dalam Penanganan Banjir di Bandung Barat

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak 11.00 hingga 13.30 WIB pada Sabtu (6/11) menyebabkan banjir bandang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bencana banjir tersebut terjadi Desa Bojonghaleuang di Kecamatan Saguling. 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Asep Sulaiman, menjelaskan, hujan terjadi pada Sabtu malam karena aliran sungai kecil tersumbat adanya material dari tebing dan langsung dilakukan pembersihan. 

“Banjir akibat hujan deras sejak siang, membuat lumpur dan ranting-ranting pohon dari tebing ikut terbawa arus hingga menutup sungai kecil yang berada di permukiman masyarakat pada mulai sore hari, saat itu juga tim gabungan langsung diterjunkan untuk melakukan pembersihan pada saluran yang tersumbat material,” kata Asep melalui sambungan telepon, Minggu (7/11). 

Menurutnya banjir terjadi hanya sebentar namun sempat menggenangi rumah warga. 

“Tersumbatnya aliran sungai sempat menyebabkan adanya banjir yang menggenangi rumah warga, namun dalam satu hingga dua jam langsung surut karena tim gabungan langsung membersihkan sumbatan tersebut,” lanjutnya. 

Untuk percepatan penanganan pascabanjir, BPBD Kab. Bandung Barat berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan setempat terkait penanganan lebih lanjut dan melakukan pembersihan lumpur dan sisa material lainnya. 

Merujuk data Pusdalops BNPB per hari Minggu (7/11) pagi, tecatat 46 KK terdampak dan kerugian materil sejumlah 46 rumah ikut terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) 30 – 40 centimeter. Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan. 

Komentar