Hamas Respons Positif Usulan Biden Soal Gencatan Senjata Permanen

JurnalPatroliNews – Hamas – Gerakan Hamas telah memberikan respons positif terhadap proposal gencatan senjata yang diusulkan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Dalam pernyataan resminya, Hamas menyatakan bahwa mereka menyambut baik usulan gencatan senjata permanen yang terdiri dari tiga fase.

“Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) menyambut positif apa yang termuat dalam pidato Presiden AS Joe Biden atas seruannya terkait masalah Palestina, berupa: gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza, rekonstruksi Gaza, dan pertukaran tahanan,” bunyi pernyataan Hamas, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (2/6).

Hamas melihat proposal yang diajukan Biden sebagai upaya serius untuk mengakhiri konflik secara permanen, dan mereka siap melaksanakannya asalkan Israel juga berkomitmen.

“Jika pihak Israel secara jelas menyatakan komitmennya terhadap kesepakatan ini,” tegas mereka.

Sikap positif Hamas ini menunjukkan adanya perubahan, mengingat sebelumnya mereka sering mengkritik Amerika Serikat karena dianggap berpihak pada Israel dan menghalangi upaya gencatan senjata.

“Hamas melihat posisi Biden sekarang lebih fokus untuk menekan Israel agar kembali ke meja perundingan dengan pendekatan yang berbeda, atau mereka (Israel) harus siap menghadapi risiko bentrok dengan Amerika,” ujar seorang pejabat Palestina yang terlibat dalam proses mediasi.

Dari pihak Israel, Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa mereka telah memberi mandat kepada para perunding untuk menyampaikan kesepakatan gencatan senjata di Gaza, yang diumumkan oleh Biden pada Jumat (31/5).

Menurut otoritas kesehatan Palestina, lebih dari 36.280 orang telah tewas di Gaza sejak Israel melakukan serangan sebagai balasan atas serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober.

Komentar