Hujan Petir Saat Kebakaran Tangki Pertamina di Kilang Cilacap

JurnalPatroliNews – Jakarta- Kebakaran tangki terjadi di Komplek Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6). Hujan disertai petir terjadi saat api melalap tangki Pertamina.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi mengatakan saat ini petugas sedang menangani pemadaman dan melakukan pengamanan parameter. Cuaca di lokasi kejadian pun hujan deras.

“Tadi sore sampai jam 21 hujan petir. Sekarang sudah mulai reda,” kata Leganek saat dikonfirmasi JurnalPatroliNews  melalui pesan WhatsApp.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana membenarkan kejadian kebakaran tersebut. Dia mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB di Tangki T39 Komplek Kilang Paracilin PT. Pertamina RU IV Cilacap.

“Untuk penyebabnya masih dalam proses penyelidikan oleh pihak HSSE Pertamina RU IV Cilacap,” katanya melalui keterangan tertulis.

BACA JUGA : Satu Tangki Benzena Pertamina Terbakar di Kilang Cilacap

Dia juga mengatakan cuaca di lokasi kejadian perkara hujan deras. Iskandar mengklaim saat ini api sudah bisa dikendalikan dan dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Kilang Cilacap, Hatim Ilwan mengatakan kebakaran terjadi pada salah satu tanki yang berisi benzene di area kilang.

“Saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall. Upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali,” kata Hatim dalam keterangan yang diterima JurnalPatroliNews 

Belum diketahui korban dari peristiwa kebakaran ini. Pertamina juga belum merinci total kerugian akibat kebakaran.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.

Komentar