Menko Polhukam Ingatkan Keamanan Papua Saat Pilkada 2024

JurnalPatroliNews – Papua – Pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap keamanan di wilayah Papua pada Pilkada 2024. Pemekaran wilayah di Papua menuntut adanya strategi keamanan yang khusus untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, menegaskan bahwa Papua selalu menjadi fokus perhatian setiap kali pelaksanaan pilkada berlangsung.

“Diperlukan langkah strategis melalui sinergitas pemerintah, penyelenggara pemilu, hingga masyarakat luas untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024,” ujar Hadi dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (28/5).

Sebagai persiapan, Hadi memastikan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) dengan berbagai institusi pemerintahan terkait akan dilaksanakan pada Rabu besok (29/5).

Rakor tersebut akan mengundang sejumlah tokoh penting seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua KPU Hasyim Asyari, dan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

“Selain itu, akan hadir juga perwakilan dari partai politik, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah Papua, serta beberapa tokoh masyarakat,” tambahnya.

Hadi, yang juga merupakan mantan Panglima TNI, berharap bahwa pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024 dapat berlangsung aman dan damai.

“Kita tentu berharap setiap tahapan Pilkada 2024 berjalan lancar dan aman, serta tidak ada hambatan dalam pelaksanaannya,” demikian ungkap Hadi.

Komentar