Unggul di Generasi Z, Prabowo Subianto Capres Primadona Generasi Muda, Ini Alasannya..!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Bakal calon presiden Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi figur yang paling banyak dipilih kalangan pemilih muda, versi survei Indikator Politik Indonesia.

Prabowo unggul di Generasi Z (pemilih di bawah usia 27 tahun) dengan 40,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparan rilis survei yang diunggah di kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, dikutip Senin (24/7).

Di bawah Prabowo, kata Burhanuddin, menyusul capres PDIP Ganjar Pranowo yang mendapatkan suara dari Gen Z sebesar 35,5 persen dan Anies Baswedan dengan catatan suara 22 persen.

Kemudian, pada generasi milenial dengan rentang usia 27-42 tahun, Prabowo berhasil mendapatkan suara tertinggi dengan total dukungan mencapai 37,1 persen. Diikuti Ganjar dengan 34,8 persen dan Anies yang berada di posisi ketiga dengan catatan suara sebesar 21,9 persen.

Menurut Burhanuddin, meningkatnya elektabilitas Prabowo di kalangan usia muda memang tidak terlepas dari sinyal-sinyal dukungan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Jadi selama ini ada yang mengatakan Pak Prabowo elektabilitasnya meningkat karena Jokowi endorsement, memang ada buktinya,” pungkasnya.

Survei dilaksanakan pada 20-24 Juni 2023 ini melibatkan 1.220 orang responden.

Survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar