Wow! Gibran Rakabuming Masuk Deretan Capres Potensial

JurnalPatroliNews – Semarang – Politik memang dinamis, seperti dalam Survei kandidat Calon Presiden (capres) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam survei ini nama Gibran Rakabuming Raka ternyata masuk bursa dan berada di urutan teratas survei capres 2024.

Walau demikian, dalam simulasi 19 nama oleh LSI, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ternyata unggul sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

“Pada simulasi daftar 19 nama, Ganjar Pranowo 19.8 persen, Prabowo Subianto 19.3 persen dan Anies Baswedan 18,4 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, Selasa (11/4/2023).

Setelah tiga nama tersebut, ada juga nama bakal calon presiden (capres) lainnya, seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Salahudin Uno, dan diikutu Gibran Rakabuming, Mahfud MD, serta Erick Thohir.

Kemudian ada deretan nama Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, K H Ma’ruf Amin, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, dan Tito Karnavian.

Namun, untuk hasil tiga teratas berubah dalam simulasi tiga nama bakal capres 2024.

Prabowo Subianto unggul 30,3 persen dari dua nama lainnya, yakni Ganjar Pranowo 26,9 persen dan Anies Baswedan 25,3 persen. Menurut Djayadi, meski tidak signifikan, namun terjadi penurunan elektabilitas Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, elektabilitas Prabowo Subianto menunjukkan tren positif.

Penolakan akan Israel pada Piala Dunia U20 hingga berbuntut pada dicabutnya status tuan rumah Indonesia diduga jadi penyebab penurunan suara Ganjar Pranowo. Adapun LSI melakukan survei pada 31 Maret hingga 4 April 2023.

Survei dilakukan terhadap 1.299 responden yang dipilih secara acak melalui proses pembangkitan nomor telepon atau random digit dialing oleh pewawancara yang dilatih.

Sementara itu, margin of error diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar