Air Crew TNI AU Harus Kuasai Juga Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil: Acara Penyegaran CASR untuk Penerbang dan Navigator di Sekkau

JurnalPatroliNews – Jakarta – TNI AU selalu berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personelnya, khususnya awak pesawat. TNI AU baru saja selesai menggelar penyegaran pengetahuan Civil Aviation Safety Regulation (CASR), di Kelas Utama Sekolah Komando Kesatuan TNI AU (Sekkau), Jakarta Timur, Selasa dan Jumat, 2 dan 5 Januari 2024.

Kepala Dinas Operasi dan Latihan (Kadisopslatau) Marsma TNI Satriyo Utomo, S.H., saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bagian dari pembinaan profesi Penerbang dan Navigator TNI AU.Selaku pembina profesi Penerbang dan Navigator TNI Angkatan Udara, Disopslatau mendapat tugas untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan profesi bagi seluruh Aircrew TNI Angkatan Udara.

Materi pokok yang diberikan pada kegiatan ini meliputi Hukum dan Aturan Udara oleh Capt. Aji Mulyono, Radio Telephony oleh Bapak Tugiarto, dan Air Navigation oleh Capt. M. Faridh. Ketiga pemateri berasal dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub yang merupakan instruktur sipil, memiliki keahlian, dan pengalaman mumpuni di bidang pelatihan penerbangan.

Kegiatan ini merupakan momentum penting penyegaran pengetahuan Penerbang dan Navigator TNI AU tentang regulasi penerbangan sipil yang akan membantu dalam melaksanakan misi penerbangan secara profesional, khususnya saat terbang di area atau jalur penerbangan sipil.

Selain materi teknis penerbangan, peserta juga dibekali dengan penyegaran psikologi penerbangan yang disampaikan oleh Sesdispsiau Kolonel Kes Zamzani.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan analisa psikologis kesejahteraan mental para penerbang dan navigator dalam tugas mereka.

Kadisopslatau berharap para peserta dapat menyerap semua materi yang diberikan oleh para instruktur agar dapat memperkuat budaya safety dalam analisa berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan yang tepat untuk setiap misi penerbangan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga dan meningkatkan keselamatan serta keamanan penerbangan TNI Angkatan Udara.

Berbagai materi yang diberikan pada penyegaran CASR ini diharapkan mampu meningkatkan kesiapan dan profesionalisme para penerbang dan navigator dalam menjalankan tugasnya, demi keselamatan operasi penerbangan TNI AU dan penerbangan nasional secara umum.

Komentar