Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Dampingi Dinas Pertanian Dalam Pelatihan Pembuatan Obat Hama dan Pupuk Alami

JurnalPatroliNews – Timika – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-07/Mapurujaya Sertu Tangkas Budiono melaksanakan pendampingan Dinas Pertanian Kab. Mimika dalam pelatihan cara pembuatan obat hama dan pupuk dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar untuk dibuat presentasi kepada para petani Kp. Muare Distrik Mimika Timur, Kab. Mimika, Senin (13/11/2023).

Pelatihan pembuatan pupuk tersebut merupakan salah satu materi keterampilan lapangan yang diberikan dalam rangkaian kegiatan pelatihan kepada para petani guna meningkatkan hasil pertanian, sehingga ketahanan pangan di wilayah dapat tercapai.

Menurut Sertu Tangkas, dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk tersebut diharapkan akan dapat membantu kelompok tani dalam mencari solusi pengganti pupuk kimia yang selama ini dipakai oleh para petani pada umumnya. “Pupuk ini berbahan alami yang ramah lingkungan membuat tanah lebih subur dan dapat digunakan ke semua jenis tanaman,” ungkapnya.

Babinsa Koramil Mapurujaya tersebut juga mengharapkan hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan para petani sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat petani lainnya agar dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga program ketahanan pangan di wilayah Distrik Mimika Timur pada khususnya benar-benar dapat tercipta.

Komentar