Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional di Bidang Keamanan Dan Keselamatan Laut

JurnalPatroliNews – Bogor, – Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan laut Kemarin.  Direktorat Kerja Sama Bakamla RI selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kerja Sama Internasional Keamanan dan Keselamatan Laut di Bogor, beberapa hari lalu.

Acara dibuka oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief. Dikatakannya, sebagai negara kepulauan yang berbatasan dengan sepuluh negara tetangga, Indonesia memiliki posisi strategis dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Selain itu, Indonesia juga menerapkan kebijakan politik luar negeri bebas aktif, sehingga hal tersebut membuka banyak peluang kerja sama dengan banyak negara yang dapat memberikan keuntungan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun hal tersebut tentu tidak luput dari ancaman kejahatan kelautan dan juga aktivitas illegal, mengingat bahwa sebagian besar luas wilayah Indonesia merupakan lautan, dan laut merupakan salah satu jalur atau penghubung antara Indonesia dengan negara tetangganya yang tidak dapat dipagari.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya pula, dalam menghadapi dan menangani ancaman serta tantangan di laut, personel Bakamla RI tidak akan pernah terpisahkan dari diplomasi maritim antar badan penjaga laut atau badan penegak hukum negara lain karena hal tersebut merupakan sebuah kesepahaman dan acuan dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah territorial dan yurisdiksi Indonesia bagi personel.

“Besar harapan penyelenggaraan bimtek ini, personel Bakamla memahami dan mengerti kerja sama yang telah terjalin serta meminimalisir hambatan atau kendala yang dihadapi saat implementasi kerja sama dengan negara tetangga”, jelas Direktur Kerjasama Bakamla Laksma Bakamla Sandy M. Latie

f.

Pos terkait