Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional di Bidang Keamanan Dan Keselamatan Laut

Kegiatan bimtek yang diselenggarakan selama satu hari penuh yang dimoderatori oleh akademisi Ali Abdullah Wibisono, PhD dari Departemen Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Acara menghadirkan beberapa pakar atau narasumber baik dari kementerian dan akademisi, diantaranya adalah Kabid Kerja Sama Bilateral Asia Pasifik Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Kolonel Laut Renny Setiowati, S.T., M.SC., MTr. Hanla yang membahas “Diplomasi Maritim dalam Menghadapi Isu Kemaritima Global”, dimana dalam paparannya membahas proses sebuah diplomasi, tantangan politik dan keamanan di ASEAN, isu-isu aktifitas illegal, kejahatan serta konflik perbatasan serta jenis-jenis kebijakan dan kerja sama dalam pengelolaan sumber daya, keamanan dan keselamatan maritim yang telah dan akan terwujud antar Indonesia dengan negara tetangga.

Bacaan Lainnya

Kemudian hadir narasumber dari Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri RI Martin S. Madyantoro S.H., LL.M., yang membahas “Pembentukan Kerja Sama Internasional di Bidang Kelautan” dengan fokus kebijakan politik luar negeri, bentuk-bentuk kerja sama kelautan, pembentukan suatu perjanjian Internasional serta upaya-upaya kedepan yang dapat dilakukan Bakamla RI dalam menjalin kerja sama Internasional.

Hadir pula akademisi dari Kepala Departemen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran oleh Drs. Arifin Sudirman, MIR., yang membahas “Jenis-jenis Kerja Sama Internasional di Lingkup Regional, Multiteral dan Organisai Internasional, serta dari The Center for Sustainable Ocean Policy oleh Hudiansyah Is Nursal, M.I.L.I.R., yang membahas “Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kerja Sama”.

Selama berjalannya kegiatan, masing-masing sesi paparan dari narasumber menimbulkan diskusi yang sangat komperhensif hingga malam hari. Kegiatan bimtek ini dihadiri 20 personel Bakamla secara luring dan 10 personel secara daring

Pos terkait