Bersinergi Dengan Pesantren Ngaleh, Laksamana Budayawan Bumikan Wayang di Pasuruan

JurnalPatroliNews – Pasuruan – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E.,M.M. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Vero Yudo Margono menghadiri pagelaran Wayang Kulit dengan tema “Wiroto Purwo” yang dibawakan oleh Dalang Ki. Hasan Yulianto dan dimeriahkan penampilan Abah Topan, Andik TB dan Bagong. Berlangsung dilapangan Universitas Yudharta Pondok Pesantren Ngalah Yayasan Darut Taqwa Sengonaung Jl. Yudharta No. 7 Dsn. Kembangkuning, Ds. Sengonagun, Kec. Purwosari, Pasuruan Jawa timur, Minggu (3/9/2023).

Dalam sambutannya, Laksamana Budayawan itu menyampaikan bahwa “Wayang ini adalah budaya dan tradisi asli Indonesia, ini menjadi kebanggaan kita, harus kita jaga, jangan sampai nanti para pemuda-pemuda kedepan, begitu mau nonton wayang berangkat ke Amerika menonton wayang karena sudah tidak dicintai, akhirnya diambil orang lain. Ini adalah warisan budaya kita yang menjadi kebanggaan negara kita, ditempat lain mungkin tidak ada seperti ini, tapi di Indonesia masih ada dan masih lestari dan mari kita mulai melestarikan,”ujar Panglima TNI.

Pegelaran wayang kulit di Pondok Pesantren “Ngalah” atau “Ngalah tanpo ngasoratin” (menang tanpa berperang), menurut Pengasuh Ponpes Ngalah KH. Sholeh Bahruddin sudah ketiga kalinya dilaksanakan.  Muridnya mulai dari Sabang sampai Merauke, bahkan dari luar negeri juga ada, dan dari berbagai agama juga ada disini. 

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan “Terus terang saya baru tahu pondok pesantren yang seperti ini, dan Alhamdulillah inilah pemimpin menjadi role model, tentang kebersamaan dan gotong royong, karena saya sudah sampaikan Bapak Kyai bahwa kita punya ideologi Pancasila yang sudah teruji sejak zaman penjajahan sampai dengan saat ini,” pungkasnya.

Komentar