Danrem Merauke Buat Terobosan Gandeng BPTPP Tingkatkan Ketahanan Pangan

JurnalPatroliNews – Merauke,- Dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan ketahanan pangan, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI E. Reza  Pahlevi, S.E melakukan terobosan dengan menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua (BPTPP) melakukan penanaman jagung bersama di lahan kosong milik masyarakat di Kampung Kamangi, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua.

Penanaman jagung bersama diikuti oleh Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW Letkol Inf  Lamberth J. Mailoa mewakili Danrem 174/ATW, Dr. H. Sulaiman L. Hamza (Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan),  Ibu Fauzun Nihaya (Anggota DPRD Papua), Ibu Martina (Kepala BPTPP) dan para Kelompok Tani Distrik Tanah Miring Kab. Merauke serta para Babinsa.

Usai penanaman jagung bersama dilanjutkan  penyerahan bibit tambahan jagung, bibit sayur-sayuran dan bibit pisang serta bibit holtikultura, bertempat di Kampung Kamangi, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua Selatan, Jumat (29/7/2022).

Danrem dalam sambutannya yang disampaikan oleh Letkol Inf Lamberth J. Mailoa bahwa  Korem 174/ATW pada kesempatan ini telah membuka lahan kosong untuk penanaman jagung seluas  2 Hektar dan kedepannya secara bertahap akan membuka lagi lahan-lahan baru baik di satuan  TNI AD maupun lahan kosong milik masyarakat/swasta.

Pembukaan lahan dan penanaman jagung Korem 174/ATW juga sudah dilakukan sebelumnya bersama para gabungan Kelompok Tani di Distrik Ngutibob, Distrik Sarmayam, Kab. Merauke, sehingga ke depan Korem 174/ATW akan terus membuka dan memanfaatkan lahan kosong guna meningkatkan ketahanan pangan.

Ketahanan pangan ini juga  merupakan salah satu program TNI AD  untuk meningkatkan  kesejahteraan dan  taraf hidup  masyarakat petani di bidang pertanian serta mengatasi krisis pangan dunia.

Korem 174/ATW Merauke  hadir ditengah masyarakat untuk meringankan beban dan kesulitan masyarakat serta harus dapat menjadi solusi, salah satunya melalui kegiatan ketahanan pangan ini sehingga kebijakan Kasad kepada seluruh jajaran TNI AD secara serentak membuka lahan di satuan TNI AD dan pemanfaatan lahan kosong milik masyarakat untuk penanaman jagung guna mewujudkan ketahanan pangan nasional (swasembada pangan).

Komentar