Dukung Program Pemerintah Pengelolaan Pemanfaatan Lahan, TNI AL Laksanakan Penanaman Bibit Pohon

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengelolaan pemanfaatan lahan guna menjamin ketersediaan bahan pangan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli melaksanakan penanaman bibit-bibit pohon pada lahan milik TNI AL di Dusun Momunu, Desa Lingadan, Kecamatan, Tolitoli Utara, Kab. Tolitoli, Rabu (31/01).

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Lanal (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban, S.E., M.Tr.Opsla, prajurit TNI AL melaksanakan pembersihan, pemasangan plang TNI AL, yang bertujuan agar tidak ada pihak-pihak yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut. Selanjutnya para prajurit melaksanakan penanaman puluhan pohon yang terdiri dari pohon durian, alpukat, mangga dan kelapa di lahan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Danlanal beserta para prajurit Lanal Tolitoli juga melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada nelayan setempat untuk mengetahui problem yang ada. Kegiatan ini dimaksudkan untuk terciptanya hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat nelayan di wilayah kerja Lanal Tolitoli.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim dengan harapan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat terutama masyarakat pesisir, yang pada akhirnya akan membangun ketahanan masyarakat secara nasional.

Melalui program ini, TNI AL bertekad untuk mengambil bagian dengan tindakan nyata dalam membina masyarakat pesisir dan kepulauan serta membangun kemanunggalan dengan rakyat dalam upaya-upaya memecahkan berbagai permasalahan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dan kepulauan, khususnya dalam bidang ekonomi, kesehatan, edukasi maupun pertahanan.

Komentar