Implementasikan TNI PRIMA, Puskes TNI Kolaborasi Dengan Lion Club Gelar Bakti Kesehatan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Membantu saudara-saudara kita khususnya keluarga besar TNI yang mengalami musibah sakit merupakan salah satu wujud perhatian dan tanggung jawab TNI kepada rakyat dan juga salah satu wujud membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di suatu wilayah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes)  TNI  Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama, Sp.A(K)., M.Kes, MARS., M.H. dalam sambutannya saat membuka acara Bakti Kesehatan Pemeriksaan Gula Darah dan Pemeriksaan Mata dalam rangka Peringatan HUT ke-55 Puskes TNI, bertempat di GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (11/12/2023).

Kapuskes TNI menyampaikan bahwa melalui pertemuan bakti kesehatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan sehingga dapat menerapkan gaya hidup sehat serta terhindar dari komplikasi penyakit Diabetes Melitus.

“Saya atas nama pribadi dan Puskes TNI mengucapkan terima kasih kepada Mitra Lion (Liberty Intelligence Our Nation’s Safety) Club Indonesia dan Lion Eye Bank yang telah menginisiasi kegiatan bersama TNI dan membantu dalam pelaksanaan Bakti Kesehatan ini,” ujar Mayjen TNI Yenny Purnama.

Seperti diketahui bahwasanya kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara TNI dalam hal ini Puskes TNI dengan Perkumpulan Lion Indonesia Distrik 307-A1. Hal ini selaras dengan Visi Panglima TNI yakni TNI yang PRIMA, dimana salah satunya adalah Integratif.  Intergratif dalam hal ini berupa  kolaborasi dengan komponen bangsa lainnya untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Lion Club merupakan yayasan yang dibentuk dalam upaya memberikan harapan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan cara menyalurkan bantuan dari berbagai pihak melalui dukungan kegiatan sosial, pendidikan dan kemasyarakatan.

Adapun macam bakti kesehatan yang dilaksanakan adalah pembagian kaca mata baca sebanyak 350 buah dan pemeriksaan laboratorium gula darah kepada anggota TNI dan PNS yang berdinas di Mabes TNI.

Dalam saat yang sama juga dilaksanakan acara syukuran  peringatan HUT ke-55 Puskes TNI yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapuskes TNI. Tumpeng diserahkan kepada Laksda TNI (Purn) dr. Imansyah Ali, mantan personel Kapuskes TNI periode 2008.

Acara ini turut dihadiri oleh Kapoksahli RSPAD Gatot Soebroto, Dekan FKIK Unhan, Wakapuskesad, Kapusrehab Kemhan, Kadiskesal, Wakapuskes TNI, Ketua IKKT Cabang BS XVI Puskes TNI, para Sesepuh Pejabat Puskes TNI, Second Vice District Governoor Lion Club, Board of Trustee Lions Club, Costumer Relation Support JEC Eye Hospitals and Clinics serta para pejabat utama Puskes TNI.

Komentar