Karya Bhakti Serentak Kodim 1603/Sikka Di Pasar Alok Dan Penanaman Pohon Di Desa Koting C Kec Koting Kab Sikka

JurnalPatroliNews – MAUMERE – Sejumlah personel Kodim 1603/Sikka bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti dengan sasaran membersihkan pasar tradisional yang berada di Kelurahan Kota Uneng Kec Alok Kab Maumere. Jumat (08/12/23).

Pada kegiatan kerja bakti tersebut diterjunkan seluruh personel dari jajaran Kodim 1603/Sikka dengan melibatkan berbagai unsur yang terdiri dari pihak kepolisian, pemerintah Desa dan Elemen Masyarakat.

Kegiatan pembersihan di Pasar tradisional Alok ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi banjir yang saat ini sudah memasuki musim penghujan, Pasar tradisional Alok dijadikan lokasi karya bakti karena terdapat tumpukan sampah berupa sampah plastik, sayuran hingga sampah rumah tangga. Sampah tersebut berasal juga dari para pengunjung pasar.

Komandan Kodim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo,.S.I.P. menyampaikan, Karya bakti pembersihan Pasar Tradisional Alok ini dilakukan untuk mencegah agar sampah tidak terbawa air hujan dan masuk ke Got saluran Air yang bisa mengakibatkan penyumbatan Saluran Air sehingga mengakibatkan banjir.

“Pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak untuk melakukan transaksi jual beli sehingga harus memiliki lingkungan yang tetap bersih, sehat dan nyaman, musim hujan tidak hanya memberikan manfaat bagi manusia dan mahluk hidup lainnya termasuk lingkungan, namun juga curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan banjir dan penyakit yang disebabkan oleh Nyamuk dan Lalat, kegiatan ini di lakukan serentak oleh Kodim – Kodim seluruh Indonesia dan di samping kegiatan pembersihan Pasar, dengan sasaran meliputi , pembersihan Got Saluran Air, tempat sampah dan Penanaman Pohon khususnya di Mata Air tepatnya di Desa Koting C Kec Koting dengan harapan untuk mencegah terjadinya bencana Tanah Longsor dan untuk melestarikan Lingkungan ” ujar Dandim

“untuk itu Mari kita bersama – sama untuk melaksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh semangat dan keikhlasan semoga apa yang kita perbuat saat ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Komentar