Kasal: Maritime Drone Kamikaze Bisa Dikembangkan Kemampuannya Sebagai Senjata Andalan TNI AL

JurnalPatroliNews – Jakarta – “Dalam Seminar Akhir ini ada hal luar biasa yang dibangun oleh Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-61, yaitu mereka menciptakan drone kamikaze. Maritime Drone kamikaze ini nantinya bisa dimanfaatkan dan dikembangkan kemampuannya untuk bisa digunakan sebagai salah satu senjata andalan bagi TNI AL”. 

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat meninjau IT Exhibition Seminar Akhir Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 TA. 2023 bertempat di Auditorium Gedung Yos Soedarso, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (23/10). 

Maritime Drone Kamikaze merupakan salah satu karya spektakuler dari hasil penelitian Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan Ke-61. Oleh karena itu, Seskoal sebagai tempat para Pasis belajar selama 10 bulan ini menjadikan hasil penelitian tersebut sebagai salah satu topik pembahasan pada Seminar Akhir Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-61. 

Maritime drone kamikaze adalah drone aspek laut yang diciptakan oleh salah satu Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-61, yaitu Mayor Laut (T) Dr. Cahya Kusuma, S.T., M.T. Perwira menengah alumni S1 Teknik mesin UGM, S2 dan S3 dari teknik sistem perkapalan ITS dengan disertasi propeller, yang berhasil diselesaikannya dengan tepat waktu 3 tahun dengan predikat summa cumlaude. 

Drone yang sedang dalam proses hak paten dengan no paten IPP0000056939 ini adalah drone multiguna yang dapat digunakan sebagai unsur bantu patroli pantai di Posal maupun Lanal guna efisiensi dan optimalisasi patroli pantai, dapat digunakan sebagai sasaran tembak dalam latihan serangan bahaya udara dan anti drone dan utamanya dapat berfungsi sebagai drone kamikaze aspek laut. 

Komentar