Kodim 0101/KBA Gelar Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Babinsa, Ini Tujuannya

JurnalPatroliNews – Banda Aceh, – Seorang Babinsa sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) mempunyai peran penting dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi wilayah untuk kepentingan pertahanan aspek darat yang diwujudkan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter).

Hal tersebut juga sejalan dengan tugas pokok yang menjadi rutinitas sehari-hari, dimana para Babinsa senantiasa selalu bersentuhan dengan masyarakat binaannya.

Guna merealisasikan hal itu, Kodim 0101/Kota Banda Aceh (KBA) menggelar Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa Semester II Tahun Anggaran 2022, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Makodim 0101/KBA Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh itu dipimpin oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0101/KBA Kapten Inf Nanang Junaedi mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0101/KBA Kolonel Inf Muhammad Nas, S.I.P., M.Si.

Pasiter Kodim 0101/KBA Kapten Inf Nanang Junaedi menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur indikator kinerja Babinsa di satuan pelaksana dalam penyelenggaraan program dukungan operasional kegiatan Babinsa serta menjamin optimalisasi pencapaian secara efektif, efisien dan ekonomis.

“Indikator ini juga menjadi acuan dan pertanggungjawaban sehingga kita bisa ketahui bagaimana kompetensi Babinsa dalam pelaksanaan tugas di wilayah binaan,” terangnya.

Tidak hanya itu, survei ini memiliki nilai positif yang dapat meningkatkan rasa kecintaan dan kepuasan masyarakat terhadap Babinsa dengan mengedepankan Kemanunggalan TNI Rakyat.

“Saya harap, momen seperti ini, kesiapan satuan lebih meningkat dengan penguatan nilai dasar dan karakter para Apkowil sesuai tipologi wilayah Kodim 0101/KBA,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Survei itu sendiri merupakan salah satu program teritorial khususnya bidang Kemampuan Teritorial (Puanter) dengan menerapkan metode pengisian ceklist oleh para peserta audiensi yang merupakan perwakilan dari berbagai kalangan di wilayah binaan Kodim 0101/KBA yakni Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Komentar