Kolonel Czi Cosmas Manukallo Danga, Anggota Baranahan Kemhan, Mantan Pasukan Pengamanan Jokowi Lulusan Terbaik Unhan 2024

Pembuatan buku itu sendiri mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Pertahanan Unhan RI, Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D. Menurutnya ini adalah sebuah bukti nyata dari dedikasi, ketekunan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis terhadap dunia penelitian di bidang pertahanan. Buku ini hadir sebagai sebuah sumbangan berharga yang tidak hanya memperkaya literatur di bidang ini, tetapi juga memberikan panduan yang sangat berharga bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkecimpung dalam penelitian pertahanan.

“Salah satu aspek yang membuat karya ini sangat istimewa adalah kemampuan penulis dalam mengintegrasikan konsep-konsep yang kuat dengan implementasi nyata di lapangan di bidang Pertahanan. Dalam proses penulisan buku ini, mereka telah melakukan kajian mendalam tentang metode System Thinking System Dynamics (STSD) dan menerapkannya dalam konteks penelitian pertahanan. Hasilnya adalah panduan yang komprehensif, yang tidak hanya menjelaskan konsep-konsep dasar, tetapi juga memberikan panduan praktis yang dapat digunakan oleh peneliti di lapangan,” kata Rektor Universitas Pertahanan Unhan RI.

Ditambahkannya, kita hidup di zaman yang penuh tantangan, di mana keamanan dan pertahanan menjadi hal yang semakin penting. Oleh karena itu, karya ini sangat relevan dan menjadi bahan baca yang sangat berharga.

“Saya yakin bahwa buku ini akan menjadi rujukan utama bagi mereka yang berkecimpung dalam penelitian pertahanan, serta menjadi sumber inspirasi bagi generasi peneliti yang akan datang,” harap Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D.dalam kata sambutannya di buku tersebut.

Komentar