Mayjen Darmono Resmi Menyandang Pangkat Bintang Dua, Masuk Daftar 29 Pati TNI Naik Pangkat

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi TNI . Dari 29 pati yang naik pangkat setingkat lebih tinggi, 19 di antaranya jenderal TNI AD, termasuk Mayjen TNI Darmono Susastro yang resmi menyandang pangkat bintang dua. Upacara Laporan Korps berlangsung di Aula Gatot Soebroto Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Hadir dalam upacara tersebut sejumlah pejabat utama TNI. Turut hadir pula istri Panglima, Hetty Andika Perkasa.

Mayjen Darmono menjadi salah satu Pati AD yang resmi menyandang pangkat bintang dua. Mantan Kasdam III/Siliwangi ini pada pertengahan Maret 2022 lalu resmi menjabat Asisten Personel (Aspers) KSAD. Darmono bersyukur atas kenaikan pangkat yang diterima.

 “Bahwa ini merupakan kebanggaan untuk keluarga dan tentunya amanah yang harus dilaksanakan untuk mendukung KSAD,” tutur jenderal infanteri ini pada video yang ditayangkan akun resmi Youtube Puspen TNI, dikutip Minggu (24/2/2022).

Darmono merupakan lulusan Akademi Militer 1988. Dengan kata lain dia merupakan teman satu angkatan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Kebetulan, keduanya Akmil 1988 B.

Untuk diketahui, pada 1988 Akmil mengubah pola pendidikan dari empat tahun menjadi tiga tahun. Karena itu pada tahun tersebut terjadi dua gelombang werfing (masuk pendidikan).

 Lulusan 1988 A merupakan perwira werfing pada 1984, sementara 1988 B perwira werfing 1985.

Selain Darmono, jenderal di ring 1 Dudung yang juga sama-sama lulusan Lembah Tidar 1988 yakni Asisten Teritorial KSAD Mayjen TNI Karmin Suharna, Asisten Logistik Mayjen TNI Saiful Rachiman, Asisten Operasi Mayjen TNI Ainurrahman dan Asisten Perencanaan Mayjen TNI Kasuri.

Dalam rekam jejaknya, Darmono pernah mengemban berbagai jabatan, baik di institusi maupun teritorial.

Dia antara lain pernah dipercaya sebagai Danyonif 712/Wiratama pada 2004-2005. Setelah itu menjadi Aspers Kasdam III/Siliwangi, Pamen Denma Mabesad, Dosen Utama Seskoad, Paban II/Opsdik Sesko TNI hingga Kasetumad pada 2006.

Seiring waktu kariernya terus menanjak dengan menjabat sebagai Irdam XVIII/Kasuari, Irum Itjenad dan pecah bintang saat dipercaya menjabat Kasdam III/Siliwangi pada 2021. Hanya setahun dia diberi mandat baru untuk menjabat Aspers KSAD.

Setelah mengikuti upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabes TNI, Darmono dan 18 jenderal AD selanjutnya mengikuti acara serupa di Aula GPH Jatikusumo, Mabesad.

 Upacara dipimpin KSAD. Jenderal Dudung mengingatkan keberhasilan seorang prajurit tidak terlepas dari doa dan dukungan yang diberikan oleh istri dan keluarga.

Komentar