Warga Batas Batu Sambut Gembira Komsos Inklusif Minggu Berkat Koops Habema

JurnalPatroliNews– Jakarta – Komandan Satuan Tugas Media Koops Habema Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan dalam keterangan tertulisnya bahwa Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Para Raider 503/Mayangkara Kostrad, sebagai salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) HABEMA, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa Satgas Yonif 503 Kostrad tengah menggelar Kegiatan Teritorial bertajuk “Minggu Berkat” saat berpatroli di Distrik Batas Batu. Minggu (23/6/2024).

“Kegiatan Teritorial ini dilakukan dengan tujuan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) Inklusif dengan para warga masyarakat Batas Batu, di sela-sela pelaksanaan tugas menjaga keamanan wilayah setempat,”ucap Yogi Nugroho.

Ia selanjutnya menambahkan pada hari Minggu yang cerah dimanfaatkan oleh Satgas Yonif 503 Kostrad berbagi makanan dengan para warga di beberapa kampung yang dilalui oleh Tim Patroli Satgas. Kesempatan keliling dari rumah ke rumah, digunakan oleh para Prajurit Satgas Yonif 503 Kostrad melakukan interaksi komunikasi sosial dengan para warga guna mengetahui perkembangan situasi daerah Distrik Batas Batu. Pelaksanaan kegiatan Minggu Berkat ini, secara khusus, dilakukan oleh para Prajurit Satgas Yonif 503 Kostrad dari Pos Batas Batu dan dipimpin langsung oleh Komandan Pos bernama Lettu Inf Galih Nugroho.

” Kehadiran para Prajurit Pos Batas Batu di wilayah Distrik Batas Batu, disambut gembira oleh segenap warga yang berkesempatan bertatap muka dan menerima bingkisan makanan. Dengan tetap menjaga keamanan selama kegiatan, interaksi komunikasi yang harmonis antara para Prajurit TNI dengan para warga telah menghasilkan jalinan silaturahmi yang akrab antar kedua pihak, “ujarnya.

Terpisah, Panglima KOOPS HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto usai menerima laporan pelaksanaan kegiatan, mengatakan bahwa bentuk kegiatan Teritorial yang telah digelar oleh Satgas Yonif 503 Kostrad di wilayah Distrik Batas Batu merupakan salah satu realisasi komitmen TNI dalam melaksanakan Komsos inklusif dengan segenap stakeholder di wilayah Papua. Hal ini selaras dengan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) kepada Panglima TNI sebagaimana tersebut dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua, diantaranya membangun Komsos yang inklusif dengan para Tokoh dan Kelompok-kelompok Strategis Papua dalam mewujudkan pendekatan serta kebijakan Pembangunan yang tepat.

“Kegiatan Minggu Berkat oleh Satgas Yonif 503 Kostrad di Distrik Batas Batu merupakan implementasi tugas TNI melaksanakan Komsos inklusif, sebagai upaya mempercepat pembangunan Papua,” pungkasnya.

Komentar