Pangdam Kasuari Pimpin Sidang Pantukhir Catar Akmil Panda Manokwari 2023 “Bukan Harga Mati”

JurnalPatroliNews – Manokwari,- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., didampingi Kasdam, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga memimpin Sidang Penilaian Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) Daerah Calon Taruna Akademi Militer (Akmil) TA. 2023 Panda Manokwari, di Aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Papua Barat, Senin (26/6/2023).

Ikut hadir dalam kegiatan ini Katim Pengawas dari Itjenad Kolonel Inf Tojo H. Simanjuntak, S.I.P., para Ketua Tim seleksi dan 47 orang Catar Akmil yang terdiri dari 43 orang pria dan 4 wanita.

Di awal sambutannya, Pangdam mengucapkan terima kasih karena tahapan seleksi sudah berlangsung baik dan lancar.

“Pada tahapan Pantukhir ini kita melihat langsung para calon secara fisik dan perlu disinkronkan dan dibahas bersama dengan melihat administrasi yang sudah ada. Sehubungan dengan pantokhir ini bukan berarti sudah menjadi harga mati bahwa apa yang dihasilkan lewat kita membahas secara administrasi sebelumnya tetapi ini masih memberikan peluang bagi kita bagaimana langsung melihat secara fisik,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebagai ketua Panda apabila ada hal-hal yang perlu dilakukan secara langsung terhadap para calon, ia akan mengambil langkah untuk meyakinkan.

“Contoh apabila dipandang dari sisi mental ideologi, saya perlu mengambil langkah untuk mengecek langsung maka saya akan mengecek langsung, sehingga disitu memberikan suatu kepastian dan saya memutuskan hasil yang sudah kita lakukan secara bersama dengan tahap akhir yaitu Pantukhir ini”.

“Selanjutnya saya serahkan penuh kepada mekanisme yang ada dan silahkan di atur. Lakukan pemeriksaan dengan efektif dan efisien serta betul-betul tajam untuk melihat secara fisik para calon,” kata Pangdam.

Usai dilaksanakan pengumuman hasil Panda ini, para calon yang dinyatakan lolos seleksi tingkat Panda ini akan mengikuti seleksi selanjutnya ditingkat Panitia Pusat di Akademi Militer, yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

Komentar