Panglima TNI : Kemajuan Iptek Merubah Pola Kehidupan dan Menuntut Revolution In Military Affairs

JurnalPatroliNews – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah pola kehidupan umat manusia dan mengantar dunia militer kedalam sebuah revolusi yang menuntut moderenisasi Alutsista dan kesiapan Sumber Daya Manusia atau Revolution In Military Affairs agar mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis dan siap menghadapi berbagai jenis ancaman yang muncul seiring dengan kemajuan yang terjadi.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Aslog Panglima TNI Marsda TNI Sujatmiko G.S., M.Sc. pada acara Ground Breaking Pembangunan System Interoperability Kodal TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/11/2021).

Menurut Panglima TNI bahwa pada saat ini dunia kemiliteran telah secara massif menerapkan dan memanfaatkan berbagai jenis teknologi mutahir, baik untuk meningkatkan kemampuan tempur dan gempur Alutsista maupun kemampuan Kodal dan sharing informasi operasi melalui teknologi informasi komunikasi yang bertujuan untuk memperoleh keunggulan informasi yang menjadi penopang utama keberhasilan setiap operasi militer.

“Berdasarkan latar belakang tersebut, salah satu kebijakan yang saya masukan sebagai program prioritas adalah Pengembangan Sistem Operasi Tri Matra berbasis Network Centric Warfare, C4ISR dan Cyber,” ujarnya.

Network Centric Warfare adalah suatu doktrin operasi militer peperangan dalam jaringan yang mengutamakan keunggulan penyebaran informasi yang cepat dan akurat kepada seluruh satuan operasional baik darat, laut dan udara dalam operasi gabungan maupun operasi mandiri.

Komentar