Pusat Psikologi TNI Fasilitator Pelatihan Nasional Pertolongan Psikologi Awal

JurnalPatroliNews – Banten,- Pusat Psikologi (Puspsi) TNI menjadi fasilitator Pelatihan Nasional Pertolongan Psikologi Awal atau Psychological First Aid, bertempat di Universitas Bina Bangsa (Uniba) Kota Serang Provinsi Banten, Senin (26/2/2024).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Uniba yang bekerjasama dengan Himpunan Psikologi (Himpsi) Provinsi Banten dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Kesehatan dr. Zia’ul Fatwa Andini Yusuf M.M., diikuti oleh 100 orang mahasiswa dari fakultas Ilmu Kesehatan dan perwakilan fakultas lainnya dengan dipandu moderator Ibu Infanti Wisnu Wardani, S.Psi, Psikolog., sehari-hari menjabat sebagai dosen Psikologi Fakultas ilmu Kesehatan di Uniba.

Menyoroti pentingnya peran psikologi dalam mendukung kesejahteraan mental dan emosional, Kapuspsi TNI dalam keterangannya  yang disampaikan oleh Kapten Laut (KH) Bayu Murti, M.Psi, Psikolog., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa terkait dengan pertolongan psikologis awal terhadap korban bencana, diharapkan mahasiswa memiliki keterampilan  dalam mitigasi dampak bencana pada penyintas, dimana Indonesia adalah negara yang rawan bencana.

Lebih lanjut Kapuspsi TNI mengatakan  Pusat Psikologi TNI terus berkomitmen untuk membantu proses edukatif terhadap masyarakat dengan mempromosikan pemahaman  tentang Psikologi dalam meningkatkan kesejateraan mental masyarakat.

Komentar