Puspsi TNI Laksanakan Training For Trainers Dukungan Psikososial Terhadap Penyintas Bencana

JurnalPatroliNews – Banten – Pusat Psikologi TNI (Puspsi TNI) melaksanakan kegiatan pelatihan yang bertempat di The Jayakarta Villas Anyer Kab. Serang Banten. Kegiatan pelatihan dilaksankan pada hari Kamis 7 Maret sampai hari Jumat 8 Maret 2024. Pelatihan tersebut di buka oleh Wakil Kepala Pusat Psikologi TNI Brigjen TNI Yuli Marjoko, M.Psi., Psikolog. Pelatihan ini di ikuti oleh 33 Personel Puspsi TNI yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS yang berdinas di Puspsi TNI. 

Program pelatihan penanganan bencana ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian personel Puspsi TNI dalam menangani penyintas bencana alam maupun non alam yang membutuhkan penanganan psikologis terutama pada penyintas dewasa maupun penyintas anak-anak. 

Pelatihan yang di berikan di bagi menjadi dua sesi yakni penanganan kepada penyintas anak-anak dan penyintas dewasa. Untuk pelatihan dalam menangani penyintas anak-anak diberikan pelatihan tentang Ice Breaking dan games. Berbeda dengan Pelatihan dalam penangan penyintas dewasa dimana dalam pelatihan ini lebih dalam pemberian PFA, sesi konsultasi dan metode relaksasi.

Kegiatan pelatihan Puspsi TNI di akhir dengan kegiatan bakti sosial yang di laksanakan di salah satu Sekolah Dasar yang berada di daerah Anyer, Kab. Serang.

Komentar