Satgas Yonif 512/QY Jadi Motivator Pendisiplinan Prokes Covid-19 Di Ujung Timur Indonesia.

JurnalPatroliNews–  Keerom – Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di wilayah perbatasan Papua, Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY menjadi motivator dalam penertiban dan pendisiplinan Protokol Kesehatan di wilayah Kampung Banda Distrik Waris, Kabupaten Keerom Papua. Sabtu (11/09/2021)

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat ketika dikonfirmasi disela-sela kesibukannya di Pos Kotis Distrik Mannem menjelaskan bahwa penertiban dan pendisiplinan Protokol Kesehatan tersebut dilakukan bersama dengan perangkat Kampung Banda.

Menurut Dansatgas, upaya pendisiplinan Protokol Kesehatan dengan melakukan penyekatan sebelum masuk kampung di Posko Siaga Covid-19 sangat tepat, karena masyarakat yang akan masuk ataupun melewati Kampung Banda wajib menggunakan Masker, pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan.

“Kerjasama seluruh elemen masyarakat dalam memutus penyebaran wabah Covid-19 sangat diperlukan, seperti yang dilakukan anggota kami dari Pos Waris dengan mendirikan Posko Siaga Covid-19 di ujung kampung bersama warga setempat” terang Dansatgas.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Pos Waris secara humanis memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 setiap melaksanakan aktifitas, seperti menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak(social distancing) dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Dengan adanya himbauan yang telah diberikan melalui Posko Siaga Covid-19 Kampung Banda, diharapkan warga dapat memahami dan mentaati Protokol Kesehatan agar wilayah perbatasan terhindar dari wabah Virus Covid-19 serta Pandemi Virus tersebut segera berakhir.

Di samping memberikan himbauan kepada masyarakat anggota Pos Waris juga secara rutin melakukan pengecekan ketersediaan sarana cuci tangan di tempat-tempat umum, ketersediaan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi serta melakukan pembagian masker kepada warga Kampung Banda.

“Kegiatan penanggulangan Virus Covid-19 tersebut merupakan kegiatan rutin Satgas Yonif Mekanis 512/QY di Kampung Binaan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu pemerintah memerangi dan mencegah penyebaran Virus Covid-19” pungkas Dansatgas.

Komentar