Tindak lanjuti Vicon Arahan Presiden Dalam Penanganan Covid: Pangdam Pattimura Sidak RST Ambon

JurnalPatroliNews ā€“ Maluku,- Usai menghadiri pengarahan Presiden RI, Ir. Joko WidodoĀ  tentang penanganan Covid-19 secara virtual melalui Video Conference (Vicon), Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon langsung melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke RST atau Rumkit Tingkat II Prof J.A. Latumeten Ambon.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo membenarkan setelah selesai melaksanakan  Vicon dengan Presiden RI di Lantai II Kantor Gubernur Maluku, sore ini Senin (7/2/2022). Pangdam langsung melaksanakan sidak di RST Ambon.

ā€œDalam vicon Presiden RI memberikan pengarahan secara langsung kepada para Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda di seluruh Indonesia terkait  perkembangan terakhir pandemi Covid-19 di Indonesia serta langkah-langkah percepatan penanganannya,ā€ terang Kapendam.

Vicon tersebut dihadiri oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Sekda Provinsi Maluku, Agus Ririmase dan serta pejabat terkait di lingkungan Pemprov.Maluku.

Lanjut dijelaskan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memaparkan trend  kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron di beberapa Provinsi yang berdasarkan data masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali meskipun kasus kematian masih rendah.

Presiden berharap pihak rumah sakit memperhatikan suplai oksigen, vaksin, masker dan lainnya untuk bersiap dengan gelombang Omicron yang akan masuk. Dipaparkan juga soal karakter pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional yakni 93 persen tanpa Komorbid dan 7 persen dengan Komorbid.

ā€œVaksin menjadi kunci penanganan Omicron untuk menekan angka kematian. Tingkatkan protokol kesehatan dan utamakan pemakaian masker dan kita jangan terlalu panik,ā€ kata Presiden.

Presiden memerintahkan kepada Pangdam dan Polda di tingkat provinsi,Ā  serta Dandim dan Polresta untuk tingkat Kabupaten/Kota agar membantu dalam hal percepatan vaksinasi di daerah, termasuk di Maluku karena saat ini masuk ke dalam zona merah.

Komentar