TNI AU Kirim 4 Pesawat Tempur ke Bali untuk Pengamanan Kepulauan

JurnalPatroliNews Badung – Empat pesawat tempur taktis Super Tucano bermesin turboprof EMB-314 milik TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Pangkalan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali. Pesawat yang didatangkan dari Skadron 21 Lanud Abdurachman Saleh, Jawa Timur, itu tiba di Pulau Dewata guna melakukan Operasi Garda Samudera.

“Pesawat Super Tucano yang sekarang sedang ron di Lanud I Gusti Ngurah Rai dalam rangka pelaksanaan operasi Garda Samudera yaitu patroli pengamanan Alur Laut Kepulauan atau ALKI 2,” kata Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara dalam keterangan tertulis, Kamis (16/09/2021).

Reza mengatakan Lanud I Gusti Ngurah Rai sebagai pangkalan operasi di bawah jajaran Komando Operasi Angkatan Udara II (Koopsau II) memberikan dukungan operasi penerbangan kepada berbagai pesawat TNI AU yang sedang melaksanakan operasi maupun latihan.

“Sehingga harapannya pelaksanaan operasi Garda Samudera yang melibatkan empat Super Tucano ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harap Reza.

Sementara itu Komandan Skadron Udara 21, Letkol Pnb Heru Wardhana mengatakan, bahwa rentang wilayah pada Operasi Garda Samudera dilaksanakan di Selat Lombok ke bagian utara sesuai dengan wilayah pembagian operasi.

Operasi di bawah Komando Tugas Gabungan Garda Samudera ini melibatkan empat pesawat tempur taktis Super Tucano dengan lima penerbang dan dua teknisi. Waktu operasi dilakukan secara tentatif.

“Waktunya kita tentatif tergantung dari informasi intelijen kapan kah waktu-waktu yang kritis sehingga di situ kita digerakkan” ungkap Heru.

(*/TiR).-

Komentar