Pangdam XVIII/Ksr : Impossible Make Possible Dengan Niat, Tekad, dan Latihan yang Keras, Kalian Bisa Jadi Petembak Hebat

JurnalPatroliNews – Manokwari,– Impossible Make Possible. Dengan niat, tekad, dan latihan yang keras maka kalian bisa menjadi petembak yang hebat, dan itu sudah saya buktikan untuk bisa menjadi seorang atlet petembak”.

Untuk itu, saya minta jaga keamanan, fokus, tidak boleh melamun selama melaksanakan kegiatan karena bermain senjata api ini kita butuh konsentrasi. Saling mengingatkan dan prosedur di lapangan tembak harus dilaksanakan dengan baik. Sekali lagi, kalian adalah prajurit pilihan maka manfaatkan peluang ini.

Demikian pesan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) kepada 16 Petembak Kodam yang sedang berlatih menembak di lapangan tembak pistol Kodam XVIII/Kasuari, usai acara selamatan berdirinya lapangan tembak baru Kodam tersebut, Senin (15/2/2021) di Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut kepada para petembak ini Pangdam Mayjen I Nyoman Cantiasa mengungkapkan bahwa dirinya mempunyai misi untuk menjadikan para Prajurit Kodam XVIII/Kasuari profesional, yang salah satunya adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggali dan mengasah kemampuan, keterampilan, dan skill mereka, diantaranya adalah dalam hal menembak.

“Kita siapkan kaderisasi petembak. Dari sekian prajurit, kalian yang terpilih dan memenuhi syarat. Oleh karena itu, saya minta kalian untuk menimba ilmu dengan baik, karena kita butuh petembak-petembak yang hebat, baik untuk kepentingan Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) juga bagi kebutuhan lomba-lomba tembak lainnya. Salah satu pengaruh dalam menembak adalah lingkungan atau lapangan tembak, yakni infrastruktur yang harus mendukung,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat memberikan sambutan pada acara selamatan Lapangan Tembak Kodam XVIII/Kasuari, Pangdam mengatakan bahwa dalam membangun satuan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu SDM, infrastruktur, dan regulasi atau aturan yang harus ditata dengan baik.

“Kita harapkan kaderisasi ke para penembak ini akan terus berjalan. Terakhir saya berharap agar lapangan tembak ini dirawat dengan baik dan dijaga kebersihan dan kerapiannya sehingga lapangan ini menjadi bagus. Semoga dengan adanya lapangan tembak pistol di Kodam XVIII/Kasuari ini dapat memberikan sumbangsih dalam memajukan dan membawa nama harum Kodam XVIII/Kasuari dan Papua Barat di bidang olahraga menembak pistol, apabila nantinya ada ajang lomba tembak, baik tingkat asional maupun internasional,” tutup Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Perlu diketahui, sebagai pelatih bagi 16 petembak pistol Kodam ini adalah Mayor Inf (Purn) Heru, purnawirawan Kopassus, yang juga sebagai pelatih menembak serta telah berulang kali ke luar negeri mengikuti berbagai kejuaraan menembak internasional. Adapun 16 orang petembak yang telah dilatih dalam pemusatan latihan (TC/Training Center) selama tiga minggu dengan materi tembak tepat, tembak cepat, dan tembak reaksi jarak 5, 10, 15, 20, dan 25 meter adalah 7 orang Kowad (Korps Wanita TNI Angkatan Darat) dari Staf Makodam dan Balakdam, serta 9 orang prajurit putra yang berasal dari satuan Yonif 761/KA, Yonif RK 762/VYS, dan Yonzipur 20/PPA.

Hadir pada acara ini Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steve C. Parengkuan, Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm Airlangga, para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Kabalakdam XVIII/Kasuari, Dandeninteldam, dan Danyonif 761/KA.

(***/Bn)

Komentar