Cetak Sejarah, Tim Mobile Legends Sulut Lolos ke PON Papua 2021

JurnalPatroliNews – Manado – Pengurus provinsi ESports Indonesia (ESI) Sulawesi Utara (Sulut) yang dipimpin oleh Ketua Umum Laksamana Pertama Adriansyah dan Ketua Harian Rio Dondokambey, mencetak sejarah dan prestasi gemilang bagi Bumi Nyiur Melambai.

Melalui nomor pertandingan game Mobile Legends, untuk pertama kali dalam sejarah tim eSports asal Sulut lolos ke Pesta Olahraga Nasional (PON) yang tahun ini akan digelar di Provinsi Papua.

Perjalanan panjang harus dilalui tim HCT NCKL yang merupakan wakil Sulut pada nomor pertandingan game Mobile Legends tersebut.

Tim asal Kota Manado tersebut awalnya harus melalui babak Kualifikasi Provinsi, bersaing dengan ratusan tim Mobile Legends asal Sulut lainnya.

Tim yang beranggotakan Andrey Katopo (a.k.a Walker), Mersi Ratuliu (a.k.a Gobs), Rushel Awi Paath (a.k.a Bigmac), Willy Benedict Widianto (a.k.a Balakama) dan Yonathan Poluan (a.k.a Panpan) tersebut menjadi yang terbaik di babak Final Kualifikasi Provinsi yang digelar secara offline di Gedung Youth Center Manado pada 29 Agustus 2021 lalu.

Selanjutnya tim HCT NCKL melangkah ke babak selanjutnya yaitu Pra-PON yang digelar pada 9-10 September 2021 secara online.

Perjalanan tim HCT NCKL diawali pada babak 32 Besar dengan mengalahkan tim asal Provinsi Lampung 2-1.

Selanjutnya di babak 16 Besar tim perwakilan Sulut tersebut mengalahkan salah satu tim tangguh yakni Sumut dengan skor 2-1.

Pada babak 8 Besar (Quarter Final) tim Sulut sempat tersandung dengan mengalami kekalahan 0-2 menghadapi tim Kalimantan Barat.

Namun seakan terbangun dari tidurnya, tim HCT NCKL tampil memukau pada babak Wild Card dengan mengalahkan tim Kepulauan Riau dengan skor 2-0.

Hasil dari pertandingan tersebutlah yang membuat tim HCT NCKL memastikan 1 tiket pertama PON XX Papua 2021 untuk cabor eSports Sulut melalui nomor pertandingan game Mobile Legends.

Ketua Harian ESI Sulut Rio Dondokambey menyatakan rasa syukur dan bangganya atas hasil yang diperoleh tim HCT NCKL.

“Sejarah telah dicetak hari ini oleh tim Mobile Legends Sulut HCT NCKL yang menjadi tim eSports asal Sulut yang meraih tiket ke PON, dimana eSports untuk pertama kali juga dipertandingkan di PON sebagai cabor eksibisi. Kami pengurus ESI Sulut sangat bersyukur atas pencapaian ini, saya pribadi mengucapkan banyak selamat dan apresiasi setinggi-tingginya untuk perjuangan tim HCT NCKL,” ujar Rio Dondokambey usai menyaksikan perjuangan tim HCT NCKL melalui siaran Live Streaming.

Masih menurut Rio Dondokambey tim Mobile Legends HCT NCKL secara resmi akan menjadi kontingen Sulut di PON XX Papua 2021.

“Dengan hasil ini tim Mobile Legends secara resmi akan menjadi kontingen PON Sulut di PON Papua nanti. Dengan demikian kami akan segera mempersiapkan program pelatihan daerah untuk mereka, apalagi waktu persiapan efektif hanya kurang lebih seminggu” ujar Rio.

Seperti diketahui untuk cabor Eksbisi eSports di PON XX Papua 2021 akan digelar pada tanggal 22-26 September 2021 dengan lokasi di Stadium Hoki Indoor Doyo Baru, Jayapura.

Peluang Sulut menambah atlet eSports menuju PON Papua masih sangat besar.

Tim Free Fire Sulut yang akan diwakili oleh Starlight Godbless asal Minahasa Selatan akan memulai perjuangan di babak Pra-PON pada 11-12 September 2021.

Sementara untuk game PUBG Mobile akan memulai babak Kualifikasi Provinsi pada 11-12 September.

Komentar