Bos Apple Tim Cook Besok Datang Ke Indonesia, Ini Kata Budi Arie!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kunjungan CEO Apple, Tim Cook, ke Indonesia pada hari Rabu (17/4/24) mendatang akan membawa kejutan yang menarik. Informasi ini diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie, namun detail kejutannya belum diungkapkan.

Budi hanya menyatakan bahwa beberapa perusahaan dari Amerika Serikat dan internasional berencana untuk melakukan investasi di Indonesia dalam waktu dekat.

“Ya nanti dong, enggak kejutan dong kalau gitu, yang pasti semua perusahaan-perusahaan besar dari AS dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok ada kejutan,” kata Budi saat ditemui usai Halal Bihal Menteri Kominfo dan Wakil Menteri Kominfo bersama civitas Kominfo di Kantor Kominfo, Selasa (16/4/24).

Selama kunjungannya, Tim Cook dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. “Itu sudah dijadwalkan,” katanya singkat.

Ketika dihubungi secara terpisah, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kamsong, mengungkapkan bahwa Tim Cook direncanakan akan bertemu dengan Jokowi pada hari Kamis, 18 April 2024. Namun, jadwal tersebut masih bisa berubah tergantung pada ketersediaan waktu Presiden.

“Rencana 18 April bertemu Presiden dan Menkominfo mendampingi. Tetapi, masih menunggu kepastian,” jelasnya.

Sementara itu, pada hari Rabu, Cook juga dijadwalkan untuk mengunjungi Bali untuk meresmikan Apple Developer Academy terbaru di Indonesia. Saat ini, Apple telah memiliki tiga Apple Developer Academy di Sidoarjo, Batam, dan Tangerang Selatan.

“Tim Cook akan tiba di Indonesia pada tanggal 17 April untuk meresmikan Apple Developer Academy,” tambah Usman.

Apple Developer Academy merupakan pusat pelatihan bagi pengembang aplikasi untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad. Investasi besar dari Apple untuk membangun Apple Developer Academy di Indonesia merupakan langkah strategis untuk memenuhi persyaratan lokal, terutama dalam hal konten lokal untuk smartphone.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan regulasi yang mewajibkan semua ponsel pintar dengan teknologi 4G yang dijual di Indonesia untuk mematuhi persyaratan konten lokal baik dari segi perangkat keras (manufaktur) maupun perangkat lunak.

Apple telah memilih jalur investasi sebagai cara untuk memenuhi persyaratan tersebut, sehingga saat ini iPhone adalah satu-satunya ponsel impor yang diizinkan beredar di Indonesia.

Komentar