Jangan Biarkan Cas Baterai HP Hingga 100%, Ini Alasannya..

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sebagian orang menyarankan agar tidak mengisi daya ponsel hingga penuh 100%, karena dapat merusak kesehatan baterai HP.

Mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, namun, faktanya, baterai ponsel berada pada tegangan yang lebih tinggi saat mencapai 100 persen.

Menurut laporan dari Android Authority, mengisi daya HP hingga sekitar 30-80 persen dapat memperpanjang masa pakai baterai. Hal ini karena voltase yang dihasilkan lebih rendah.

HP yang beroperasi pada voltase yang lebih rendah memiliki dampak yang baik pada masa pakai baterai. Dengan cara ini, jumlah siklus pengisian daya dapat ditingkatkan, jauh sebelum terjadi penurunan kapasitas.

Menurut laporan dari Battery University, setiap penurunan tegangan sel sebesar 0,1 V dapat menggandakan masa pakai baterai.

Selain itu, Android Authority juga menyarankan untuk menghentikan pengisian daya baterai saat mencapai 80-90 persen. Ini lebih disarankan daripada mengisi daya hingga penuh.

Pengguna HP juga dianjurkan untuk menghindari pengisian daya penuh dari nol hingga 100 persen, termasuk mengisi daya semalaman. Sebagai alternatif, disarankan untuk mengisi daya secara berkala dan dalam jumlah kecil.

Teknologi pengisian cepat juga disarankan untuk digunakan. Selain itu, HP disarankan untuk tetap dalam kondisi dingin saat diisi daya. Jadi, hindari meletakkannya di tempat yang panas saat melakukan pengisian daya.

Untuk mencegah HP menjadi panas, disarankan untuk tidak menggunakannya saat mengisi daya baterai. Hindari aktivitas yang membutuhkan banyak daya seperti bermain game berat, menonton video streaming, atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya.

Komentar