Gibran Pastikan Akses Lancar, Infrastruktur Solo Siap Sambut Mudik

JurnalPatroliNews – Solo – Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta, telah memastikan bahwa infrastruktur di Kota Solo, Jawa Tengah, telah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2024.

“Satu yang prioritas, viaduk harus rampung dalam tiga minggu biar tidak mempersulit warga atau pemudik,” kata Gibran, di Solo, Kamis, (21/3/24).

Dia menjelaskan bahwa saat ini Viaduk Gilingan masih dalam tahap penutupan mulai tanggal 15 Maret hingga 3 April 2024. Namun, dipastikan bahwa pada H-7 Lebaran, akses tersebut akan dibuka kembali untuk umum.

Penutupan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi pembongkaran rel lama. Saat ini, rel baru telah dibangun yang dapat dilalui oleh kereta api, sehingga rel lama dapat dibongkar.

Selain itu, infrastruktur lain yang masih dalam tahap uji coba adalah Taman Balekambang.

“Ini masih trial, karena memang belum serah terima dengan Kementerian PUPR. Kami nunggu dari PUPR juga. Intinya kami siap, kalau trial akan kami coba terus untuk para EO,” ujarnya.

Gibran juga berharap bahwa musim Lebaran kali ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Solo.

“Karena libur lama, semoga membawa dampak ekonomi bagi Kota Solo dan semua yang melakukan perjalanan mudik bisa dilancarkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Taufiq Muhammad, menyatakan bahwa dengan pembongkaran rel lama, ketinggian Viaduk Gilingan dapat mencapai 4,2 meter dengan lebar 11 meter.

“Bus besar bisa lewat situ,” imbuhnya.

Viaduk Gilingan juga merupakan akses utama bagi pengunjung menuju Masjid Sheikh Zayed Solo.

Komentar