82 Tim Mobile Robot Bersaing di Kompetisi Robotik Madrasah Nasional 2021

JurnalPatroliNews – Sebanyak 82 tim hari ini bersaing dalam Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional tahun 2021 di ICE BSD, Tangerang. Mereka terbagi dalam tiga jenjang, 22 Tim Madrasah Ibtidaiyah (MI), 30 Tim Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 30 Madrasah Aliyah (MA).

Kompetisi berlangsung untuk kategori Mobile Robot. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan, dalam kategori ini, siswa diminta membuat program untuk mengendalikan robot mobil (mobile robot). Level pengendalian dan tantangan yang harus dilewati oleh peserta disesuaikan dengan jenjang pendidikannya.

“Peserta jenjang MI diminta untuk melakukan pemrograman robot yang dapat bergerak secara otomatis dan mandiri tanpa bantuan remote control, untuk menjalankan tugasnya yaitu mengidentifikasi obyek (obat-obatan atau obyek lainnya), lalu memindahkan objek, dan meletakkannya di tempat yang telah ditentukan,” terang Isom di BSD, Minggu (17/10).

“Keberadaan robot ini sangat membantu pekerja rumah sakit, yakni meminimalisir interaksi antara petugas rumah sakit dan pasien, baik interaksi langsung maupun interaksi melalui peralatan di rumah sakit,” sambungnya.

Untuk jenjang MTs, lanjut Isom, peserta diminta untuk melakukan pemrograman robot berbasis image processing yang diperintahkan menyelesaikan misi, seperti distribusi alat kesehatan. Robot harus mampu mendeteksi warna dan memindahkan barang dengan mengangkat objek menuju tempat dropping.

Komentar