82 Tim Mobile Robot Bersaing di Kompetisi Robotik Madrasah Nasional 2021

“Keberadaan robot ini sangat membantu petugas kesehatan, khususnya dalam mengklasifikasi barang atau peralatan rumah sakit berbasis warna,” paparnya.

Adapun untuk peserta Mobile Robot jenjang MA, mereka diminta untuk melakukan pemrograman Mobile Robot berbasis IoT. Robot harus mampu mendeteksi obyek berdasarkan barcode dan mengirimkan datanya ke dasboard server. Selanjutnya, robot memindahkan barang dengan mengangkat objek menuju tempat dropping sesuai tempat yang telah ditentukan berdasarkan bercode dan mengirimkan kembali data barcode droping area ke dasboard server.

“Kompetisi ini diselenggarakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. Panitia sudah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 setempat,” tegas Isom.

Sebelumnya, 2-3 Oktober 2021, telah berlangsung kompetisi robotik untuk kategori Rancang Bangun secara daring. Kategori ini diikuti 90 peserta, dari jenjang MI, MTs dan MA. Dalam kategori ini, siswa menciptakan inovasi teknologi dari hasil kreasinya sendiri sebuah rancangan model teknologi robot yang berguna dan dapat membantu kehidupan manusia, khususnya dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

“Hasil Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional tahun 2021 akan diumumkan malam ini,” ucap Isom.

“Kompetisi ni diharapkan bisa menjadi wadah bagi lahirnya generasi yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, khususnya robotika,” tandasnya. (kemenag)

Komentar