Su-35 China Menghentikan Latihan AS Dan Jepang di Dekat Kepulauan Senkaku Yang Disengketakan

  • Whatsapp
Tentara China, (Foto : Xin Hua)

Jurnalpatrolinews – Senkaku : Tentara Tiongkok menghentikan latihan militer AS dan Jepang di dekat Pulau Senkaku. Ini diberitakan oleh media Jepang.

Amerika Serikat dan Jepang telah melakukan latihan di dekat pulau-pulau yang disengketakan yang diklaim oleh Beijing, Tokyo, dan Taipei. Amerika berencana untuk mendarat di wilayah Kepulauan Senkaku, tetapi pasukan Tiongkok muncul dalam perjalanan.

Bacaan Lainnya

Kapal-kapal Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengendalikan situasi di darat, dan pesawat tempur J-20 dan Su-35 – di langit.

“Kapal perang Tiongkok mendekati area latihan dan menyaksikan apa yang terjadi. Pesawat tempur China muncul di udara”, kata wartawan Jepang.

Akibatnya, pihak Amerika berubah pikiran tentang pendaratan pesawat tempur dan hanya menjatuhkan “kargo simulasi” dari pesawat. Kini media China menulis bahwa Washington dan Tokyo tidak pernah melakukan latihan di kawasan Kepulauan Senkaku. Fakta ini, menurut mereka, hanya dapat berarti satu hal – Jepang berencana untuk mengubah teritorialnya menjadi “tempat uji coba” bagi tentara Amerika Serikat, yang justru ditentang oleh China, melindungi wilayah itu dengan sekuat tenaga dengan bantuan pasukannya.

Sebelumnya, penduduk Jepang mengaku takut dimasukkan ke dalam “daftar negara tak bersahabat” Rusia. Banyak dari mereka takut memburuknya hubungan antar negara.   (***/. dd – infrctr)

Pos terkait