15 Kelurahan di Jawa Tengah Diterjang Banjir, Dampak Bengawan Solo Meluap,10 Ribuan Orang Mengungsi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Banjir melanda Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, sejak Kamis (16/2/2023). Sebanyak lebih dari 10.000 jiwa terdampak banjir tersebut di mana sebagian warga sudah berada di pengungsian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta Nico Agus Putranto mengatakan hingga pukul 20.30 WIB, Kamis (16/2/2023), sebagian warga terdampak banjir sudah berada di pengungsian.

“Ada warga yang bertahan di rumah, ada yang di kantor kelurahan. Yang mengungsi ada warga dari 15 kelurahan,” katanya, dikutip dari rekan media, Jumat (17/2/2023).

Nico mengatakan data tersebut hingga saat ini masih terus berkembang. Menurut dia, untuk ketinggian air paling tinggi di kisaran 1,5 meter.

Beberapa wilayah yang saat ini terdampak banjir di antaranya Kelurahan Jagalan, Gandekan, Semanggi, Joyosuran, Sangkrah, Kedunglumbu, dan Tanjung Anom kota. Ia mengatakan untuk dapur umum sudah disediakan di Kelurahan Jagalan dengan diakomodasi langsung oleh Dinas Sosial.

“Untuk penyediaan logistik, ada yang mandiri juga di beberapa kelurahan. Kalau kami masih fokus di evakuasi dan pengungsian,” ujarnya.

Mengenai antisipasi selanjutnya, Nico mengatakan tetap melihat perkembangan dari Sungai Bengawan Solo.

“Karena ini terkait dengan Bengawan Solo, kalau belum surut tidak bisa apa-apa. Namun kami memberikan informasi ke masyarakat melewati perangkat kelurahan,” katanya.

Sementara itu, Nico mengatakan tidak menutup kemungkinan wilayah yang terkena banjir akan meluas. Ia mengatakan kiriman air dari Boyolali juga berdampak pada meluapnya Sungai Premulung yang ada di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan.

“Boyolali hujan deras, ada kiriman air ke Solo, Pajang ada luapan air. Makanya ini datanya (warga terdampak banjir) bisa berkembang lagi,” katanya.

Komentar