BSD Geser Jakarta, Kawasan Terpadat Mal di Indonesia!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Bumi Serpong Damai (BSD), sebuah kawasan yang telah berdiri sejak tahun 1989, kini telah melampaui Jakarta dan wilayah lain di Indonesia dalam hal kepadatan mal.

BSD akan segera menambahkan satu lagi pusat perbelanjaan ke daftar panjangnya dengan kedatangan Eastvara Mall. Dengan tambahan ini, BSD akan menjadi rumah bagi 12 mal, mengungguli Jakarta dalam hal jumlah mal per luas wilayah. Hal ini terjadi meskipun Jakarta dikenal sebagai kota Seribu Mal karena memiliki terlalu banyak pusat perbelanjaan.

Data dari Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) menunjukkan bahwa Jakarta, dengan luas wilayah 661,5 km2, memiliki 96 mal, atau rata-rata 1 mal setiap 6,89 km2. Sementara itu, BSD, dengan luas 6.000 Ha atau sekitar 60 km2, akan memiliki 12 mal, atau 1 mal setiap 5 km2.

“Minggu lalu topping off Eastvara Mall untuk area 4,9 Ha konsepnya kurang lebih mirip-mirip dengan the Breeze cuma tenant agak bervariasi. Kalau The Breeze konsepnya FnB (fashion and beverage) lebih banyak, dan ada bioskop, ada supermarket,” ucap Direktur BSDE Hermawan Wijaya dalam Sinar Mas Property Outlook 2024 di BSD City, dikutip Kamis (25/4/24).

Hermawan juga membeberkan salah satu tenant baru yang akan hadir di mal ini, yaitu AEON.

“Eastvara lebih variatif ada fashion, bioskop tentu ada, dan supermarket juga ada. Mungkin bisa saya sebut supermarketnya Aeon. Saya boleh sebut disini karena beritanya minggu lalu kan ya,” ujar Hermawan.

Meskipun demikian, Hermawan menegaskan bahwa kehadiran AEON di Eastvara tidak akan mengganggu pasar dari AEON Mall yang sudah ada di Jalan Raya Utama BSD karena konsep yang berbeda.

“Beda, supermarket yang akan dibawa di Eastvara merupakan new concept di AEON supermall yang sudah ada kalau nggak salah di Vietnam, di Malaysia. Ini konsep baru dari AEON supermarket di Indonesia, ini yang pertama. Areanya dia ngambil sekitar 5.000 m2, cukup besar,” tutup Hermawan.

Komentar