Angin Puting Beliung di Wonogiri Karena Ada Sirkulasi Siklonik

JurnalPatroliNews – Fenomena angin puting beliung Wonogiri, Jawa Tengah mencuri perhatian publik Tanah Air pada Rabu (20/1/2021). Video serta foto perisitwa alam itu banyak disebar di media sosial serta aplikasi pesan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) fenomena itu, termasuk yang terjadi di atas permukaan air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri pada Rabu sore, merupakan peristiwa biasa.

Angin puting beliung di atas waduk Gajah Mungkur itu disebut waterspout dan fenomena ini juga bisa terjadi di laut atau danau, demikian dikatakan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Satmoko di Semarang.

Menurut dia, waterspout biasanya dipicu oleh munculnya atau pertumbuhan beberapa jenis awan, seperti Cumulus Vongestus, Cumuliform, dan Cumulonimbus.

“Analisa sementara, dinamika atmosfer menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di selatan Indonesia yang memicu belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah,” kata Iis.

Kondisi tersebut, lanjut dia, didukung dengan massa udara yang labil serta kelembapan yang cukup tinggi, dari bawah hingga atas.

Selain itu, menurut Iis, terdapat fenomena Madden Julian Oscalliation (MJO) aktif, tetapi tidak cukup berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan.

MJO merupakan gangguan awan, hujan, angin, dan tekanan udara yang melintasi kawasan tropis dan kembali ke titik awal dalam kurun waktu rata-rata 30 hingga 60 hari.

Iis juga menyebut peringatan sini cuaca ekstrem sudah dikeluarkan dan Wonogiri termasuk dalam wilayah yang disebut dalam peringatan itu. [Antara]

Komentar