Baznas Terjunkan Tim Tanggap Bencana Kalsel, Evakuasi Korban Banjir di Bumi Makmur Tala

  • Whatsapp
Tim Baznas Tanggap Bencana Kalsel melakukan evakuasi korban banjir di Kecamatan Bumi Makmur, Tanahlaut./Net

JurnalPatroliNews – Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Kalimantan Selatan menyebabkan terjadi nya bencana banjir di sejumlah Kabupaten/Kota Kalsel.

Bberdasarkan data yang terhimpun dari BPBD Kalsel, salah satu daerah yang sangat terdampak banjir yaitu di Kecamatan Bumi Makmur Tanahlaut dengan korban banjir sebanyak 211 buah rumah, 244 KK, 867 jiwa.

Bacaan Lainnya

Tim BAZNAS Tanggap Bencana Kalsel langsung menuju wilayah tersebut untuk melakukan giat evakuasi para korban terdampak banjir di wilayah ini, bersama-sama dengan tim penyelamat setempat untuk membawa korban ke tempat yang lebih aman.

Menurut Ananda Raziki selaku komandan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kalsel, Kamis (14/1/2021), menggunakan perahu karet terutama para lansia, wanita dan anak-anak menjadi prioritas utama evakuasi, selain itu tim juga membantu evakuasi barang-barang milik korban untuk diamankan.

“Paket logistik berupa bahan pangan dan paket nutrisi telah dibagikan BTB bekerjasama dengan posko di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut sejak Selasa lalu,” ungkapnya.

Berdasarkan info dari Tim BTB Kalsel, proses evakuasi dilapangan terus dilakukan namun terkendala oleh debit air yang semakin naik juga kecepatan angin yang cukup tinggi serta hujan yang terus turun.

“Kebutuhan mendesak korban saat ini berupa tempat pengungsian yang menerapkan protokol kesehatan mengingat wabah Covid-19 masih menjadi polemik di Kalsel.

Tim Baznas Tanggap Bencana Kalsel menghimbau masyarakat agar tetap antisipasi penularan wabah Covid – 19 dalam kondisi banjir melanda.

Ananda menambahkan, Baznas Provinsi Kalimantan Selatan mengajak masyarakat untuk bahu membahu meringankan beban para korban banjir dengan tidak hanya materi namun tenaga ataupun informasi yang akurat mengenai banjir di sekitarnya.

Ayo siaga banjir di Kalimantan Selatan, tetap selamat dan menjaga diri.

(trbn)

Pos terkait