BPOM Sudah keluarkan Izin, Wagub DKI Nyatakan Jakarta Siap Vaksinasi Corona Mulai 14 Januari

  • Whatsapp
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria./Net

JurnalPatroliNews, Jakarta – Proses pendistribusian vaksin Corona di DKI Jakarta tahap awal sudah dilakukan. Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan DKI sudah siap melakukan vaksinasi.

Menurutnya, vaksinasi di Ibu Kota akan dilakukan pada Kamis (14/1/2021).

Bacaan Lainnya

“Iya, kan presiden tanggal 13 dan masing-masing daerah tanggal 14 (Januari),” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/1).

Riza mengatakan DKI Jakarta sudah menerima 39.200 dosis vaksin Corona. Tenaga kesehatan sebagai kelompok pertama yang akan menerima vaksin.

“Persiapan sudah kami sampaikan bahwa kami siap, sudah diatur, ada berapa kemarin 453 ya tenaga nakesnya, ya sudah diterima 39.200, tahap awal,119.145, mulai dari tenaga kesehatan. Prinsipnya kami siap dan mendukung kebijakan Pemerintah Pusat, kami juga minta masyarakat jangan takut, jangan khawatir, bahkan Pak Jokowi, para gubernur, para bupati, para wali kota menjadi contoh dan teladan. Mari kita sama-sama sukseskan program vaksinasi COVID-19,” ucapnya.

Riza mengaku siap bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan apabila divaksinasi pertama. Namun, dia menyerahkan kepada Dinkes DKI Jakarta sebagai pihak yang berhak memberikan vaksin.

“Prinsipnya, Pak Anies, saya, wakil gubernur, siap menjadi orang pertama yang divaksin. Selebihnya kita serahkan kepada yang ahli, kepada tenaga kesehatan,” katanya.

Diketahui, izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac telah dikeluarkan BPOM. Di sisi lain, MUI juga menyatakan vaksin Sinovac boleh digunakan sepanjang terjamin aman.

“Pada Senin 11 Januari, Badan POM memberikan emergency use authorization pada kondisi emergency untuk vaksin CoronaVac produksi Sinovac yang bekerja sama dengan Bio Farma,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam konferensi pers daring, Senin (11/1).

(*/lk)

Pos terkait